Hmmm…Mobil Klasik Ini Bernilai Rp 13 M

Mobil Klasik Dodge Charger Daytona (medansatu/Barcrof Car)

MEDANSATU.COM, AS- Nilai benda di Amerika Serikat yang memiliki sejarah bisa dihargai cukup tinggi. Bahkan, semakin langka barang tersebut maka harganya pun kian tinggi sesuai selera konsumennya. Salah satunya yakni mobil klasik Dodge Charger Daytona milik Ron Smith.

Dibeli hanya seharga USD4.776 pada 1969, kini nilai mobil klasik tersebut bisa mencapai USD1 juta atau sekira Rp13,3 miliar. Bila dikonversikan, nilai USD4.776 pada 1969 setara dengan USD30 ribu pada saat ini.

Pria berusia 71 tahun itu membeli mobil tersebut dalam kondisi baru. Namun sebagai tentara, ia ditugaskan berperang ke Vietman dan baru kembali pada 1980. Setelah pulang, mobil itu masih digunakan untuk dibawa jalan-jalan. Namun selanjutnya Smith memutuskan menaruh mobilnya di tempat ayahnya masih di Washington.

20 tahun ditelantarkan begitu saja, namun seseorang melihat mobil tersebut. Ia lalu memberitahukan kepada Smith bahwa mobil ini akan sangat berharga jika direstorasi. Hal ini sangat beralasan karena Dodge Charger Daytona hanya diproduksi sebanyak 503 unit di dunia.

“Saya pergi melihat mobil itu. Seperti tidak pernah terjadi dalam 1 juta tahun, saya baru percaya ada Dodge Charger Daytona model 1969 di sana,” ungkap Woolery.

Ia pun diminta Ron untuk melakukan restorasi penuh terhadap mobilnya. Namun ia memperingatkan bahwa dibutuhkan dana lebih dari USD100 ribu untuk mengubah total mobil itu menjadi sedia kala. Selain itu, Ron akan kehilangan banyak komponen dari mobilnya jika direstorasi total.

“Kami mungkin hanya menghabiskan USD12 ribu untuk sekadar memperbaiki mobil dan mengganti beberapa suku cadang yang asli atau setidaknya mendekati,” kata dia.

Setelah jadi, keaslian tampilan dari Dodge Charger Daytona Ron masih terjaga, termasuk dua wing stabilizer setinggi 23 inci di belakang dan hidung dari bahan metal di depan.

Baca juga
Ngaku Polisi, Komplotan Perampok Mobil Ini Kerap Beraksi di Jalan Juanda Medan

Woolery mengatakan awal tahun ini mobil serupa dibeli oleh aktor David Spade seharga USD900 ribu. Jika Ron ingin melepasnya, bisa saja mobilnya laku USD1 juta. (msc)

loading...
loading...
Loading...