Inilah 8 Tempat Makan Enak Bila Anda Berkunjung ke Medan

Durian Medan. (medansatu.com/ist)

MEDANSATU.COM, Medan – Berkunjung ke Medan belum sah bila belum mencoba makanan enak di ibukota Sumatera Utara (Sumut) ini. Ya, kota terbesar ketiga di Indonesia ini memiliki segudang tempat makan enak. Tak sekadar enak, destinasi wisata kuliner ini juga memiliki sejarah tersendiri, karena sebagian telah eksis sejak zaman Kolonial Belanda.

Berikut ini tempat makan enak yang wajib Anda kunjungi bila datang ke Kota Medan:

1. Restoran Tip Top, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Medan Barat

(medansatu.com/ist)
(medansatu.com/ist)

Nama restoran ini sangat populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Medan. Bahkan, banyak wisatawan asing yang tak melewatkan menu dan suasana di restoran yang resmi berdiri pada tahun 1934 ini. Restoran tempat petinggi Belanda kongkow-kongkow pada zaman dulu ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat. Letaknya di deretan bangunan tua, pusat Kota Medan, tak jauh dari Lapangan Merdeka.

Awalnya, restoran ini Restoran Jangkie, terletak di Jalan Pandu. Nama Jangkie diambil dari nama pemiliknya. Lalu pada tahun 1934, restoran ini pindah ke Jalan Ahmad Yani dan berganti nama menjadi Restoran Tip Top. Saat ini, Tip Top tetap mempertahankan suasana tempo dulu. Bangunan yang digunakan masih berarsitektur khas Belanda. Meskipun bangunannya kental nuansa Eropa, namun menu yang disajikan cukup beragam, mulai dari nusantara, oriental sampai internasional. Menu andalannya adalah es krim yang resep dan rasanya tak berubah sejak pertama didirkan.

2. Durian Ucok, Jalan KH Wahid Hasyim, Kecamatan Medan Baru

(medansatu.com/ist)
(medansatu.com/ist)

Durian Medan yang enak selalu tersedia di tempat ini, meski bila sedang tidak musim durian. Pemiliknya, Zainal Abidin atau Bang Ucok, tetap menyediakan durian khas Medan yang terkenal dengan rasa manis dengan sedikit rasa pahit. Durian Ucok merupakan tempat penjualan buah berduri ini yang paling laris di Medan. Buka pada sore hari sampai mejelang pagi, Kedai Durian Ucok mampu menjual 6.000-7.000 buah durian per hari.

Baca juga
Sssst! Terapis Pijat Hotel Istana Medan Cuma Pakai Bra dan Celana Dalam, Lalu Pak Kadis Masuk...

Di sini, durian bisa dimakan di tempat ataupun dibawa pulang. Bahkan dikirim ke luar daerah dengan packing khusus. Uniknya, Anda boleh menukar durian dengan yang baru jika merasa durian yang telah dibuka rasanya kurang enak. Kedai durian ini tak pernah kehabisan stok. Durian didapat dari berbagai daerah penghasil durian di Sumatera Utara seperti Sidikalang dan Sibolga.

3. Merdeka Walk, Lapangan Merdeka, Kecamatan Medan Barat

(medansatu.com/ist)
(medansatu.com/ist)

Pusat jajanan malam hari di tengah kota, Merdeka Walk, di sisi barat Lapangan Merdeka, Jalan Bukit Barisan, Kecamatan Medan Barat ini, juga surga kuliner. Meski buka sejak pagi, namun Merdeka Walk baru ramai saat malam hari. Sedikitnya terdapat 30 outlet yang menyediakan aneka kuliner western, chinese dan nusantara.

4. Pusat Kuliner, Jalan Semarang, Kecamatan Medan Kota

(medansatu.com/ist)
(medansatu.com/ist)

Saat siang hari, Jalan Semarang dikenal sebagai pusat penjualan spare part mobil. Namun saat malam hari, ratusan kafe tenda berdiri di jalan ini. Aneka makanan khas Medan bisa dinikmati di tempat ini. Kawasan ini telah populer sejak tahun 1960-an sebagai salah satu pusat hiburan di kota Medan. Salah satu makanan khas yang paling enak di tempat ini adalah Bebek Hainan.

5. Soto Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Medan Barat

(medansatu.com/ist)
(medansatu.com/ist)

Di antara deretan bangunan tua di Jalan Ahmad Yani, ada terselip Rumah Makan Enak Tenan. Di rumah makan inilah Soto Medan yang terkenal itu dijual. Andalan rumah makan ini adalah soto udang. Bukan udang sembarangan, tapi udang galah berukuran besar. Tak cuma soto udang, ada juga soto daging, soto ayam, soto jeroan sapi, atau malah soto campuran udang dan jenis lainnya. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Baca juga
2000 TNI-Polri dan Penembak Jitu Amankan Kunjungan Jokowi ke Sumut

6. Soto RM Sinar Pagi, Kecamatan Medan Barat

(medansatu.com/ist)
(medansatu.com/ist)

Rumah makan yang terletak di pangkal Jalan Sei Deli dan Jalan Gatot Subroto ini juga menyediakan Soto Medan yang enak. Soto di sini memiliki cita rasa lezat dengan kuah santan kental dan kaya rempah yang disajikan bersama potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal kecap. Jika Anda kurang menyuka soto bersantan, Anda bisa memesan soto ayam yang tak kalah nikmatnya. Rumah makan ramai dikunjugi saat jam sarapan.

7. Mie Ayam Jamur Kumango, Jalan Kumango, Kecamatan Medan Barat

(medansatu.com/ist)
(medansatu.com/ist)

Rumah makan ini menyajikan menu spesial yaitu mie ayam jamur yang enak banget. Mie tipis kenyal dipadukan dengan irisan daging ayam dan jamur serta taburan tauge, sawi dan bawang goreng bisa jadi membuat Anda ingin menikmati dua porsi sekaligus. Menikmati mie ayam jamur spesial ini belum lengkap tanpa kopi susu tradisional.

8. Kedai Kopi Apek, Jalan Hindu, Kecamatan Medan Barat

(medansatu.com/ist)
(medansatu.com/ist)

Kedai kopi tertua di Medan ini wajib dikunjungi. Eksis sejak 1922, kedai kopi ini tetap menyajikan racikan kopi yang khas dan tak berubah. Konon, kunci kenikmatan kopi di sini ada pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air sampai teknik mengaduk yang harus dilakukan dengan tepat. Menu favorit di sini adalah Kopi O yang merupakan kopi hitam tanpa gula. Untuk menemani secangkir kopi, sebaiknya Anda juga memesan menu lain seperti roti bakar, roti kukus, martabak telur atau nasi soto. Kedai Kopi Apek buka pukul 06:00–14:00 pada hari Senin–Sabtu dan pukul 06:00–11:30 pada hari Minggu. (msc/bbs)

loading...
loading...
Loading...