Gubernur Sumut Tawarkan Proyek Listrik dan Bandara ke Investor China

Gubernur Sumut saat menerima utusan investor China. (medansatu.com/mira)

MEDANSATU.COM, Medan – Pengembangan energi listrik dan bandara di Sumatera Utara (Sumut) ditawarkan ke investor China. Tawaran disampaikan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat menerima kunjungan investor China di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (13/9/2016).

Dalam pertemuan itu, Tengku Erry didampingi Sekdaprov Sumut Hasban Ritonga dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Binsar Situmorang. Sementara utusan investor China Nixon Alex didampingi anggota DPR RI asal pemilihan Sumut, Junimart Girsang, pengusaha dari Medan Richard Eddy M Lingga dan sejumlah pengusaha antara lain Johanes Siegfried, Martinus Tjipto dan Sutadi.

“Listrik sangat vital bagi investor. Investor akan banyak datang, jika listrik tersedia. Apalagi kawasan Danau Toba, jalan tol, kereta api dan sarana lainnya sedang dan akan dibangun di Sumut. Ini butuh ketersediaan listrik yang besar,” ujar Tengku Erry.

Apalagi, lanjutnya, teknologi yang ditawarkan adalah pengolahan sampah yang menghasilkan energi listrik. Tengku Erry juga mengatakan, untuk mempercepat pembangunan di Sumut perlu dukungan dari para investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Karenanya untuk investor yang berinvestasi di Sumut, Tengku Erry berjanji akan memfasilitasi soal perizinannya. “Untuk pengolahan sampah lintas kabupaten, provinsi akan memfasilitasi untuk pengurusan izinnya,” sebutnya.

Dia juga mengatakan, untuk para investor tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dengan Provinsi Sumatera Utara di bidang lainnya. Saat ini yang sedang berjalan di Sumut adalah perluasan bandara udara, seperti di Silangit, Mandailingnatal (Madina), Padanglawas (Palas) dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) yang sedang mengusulkan untuk dibangun bandar udara (bandara) baru.

loading...
loading...
Loading...