Siapa Pilot Cantik yang Jadi Google Doodle Hari Ini 15 September 2016? Ini Faktanya…

(foto: google)

MEDANSATU.COM, Medan – Jika anda membuka halaman pencarian Google hari ini, Kamis (15/9/2016), maka yang muncul di halaman depan adalah animasi seorang pilot perempuan yang sedang menggendong kucing dan duduk di sayap pesawat.

Ya, Google Doodle hari ini memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke-107, Jean Batten. Siapa dia? Jean Batten adalah pilot perempuan pertama pemecah rekor dunia.

(foto: azquotes.com)
(foto: azquotes.com)

Wanita kelahiran Rotorua, Pulau Utara, Selandia Baru, pada 15 September 1909 ini pada tahun 1936, sukses terbang solo dari Inggris ke Selandia Baru. Ia membuat rekor dunia dengan waktu tempuh 11 jam 45 menit.

Pada usia 18 tahun, anak ketiga dari pasangan suami istri Frederick Batten dan Ellen Batten ini memutuskan untuk menjadi pilot usai diajak terbang oleh pilot Australia Charles Kingsford Smith dengan pesawat Southern Cross.

Pada tahun 1929, Jean Batten pindah ke Inggris untuk belajar di London Aeroplane Club. Lalu pada 1930, ia pertama kali terbang solo, lalu mendapat lisensi terbang privat dan komersial pada 1932.

Jean Batten adalah perempuan pertama yang mendapat penghargaan tertinggi Federation Aeronautique Internationale. Setelah pensiun sebagai pilot pada masa Perang Dunia II, Jean Batten jarang terlihat publik lagi. Kemudian meninggal dunia pada usia 73 tahun di Palma de Mallorca, Spanyol, pada 22 November 1982. (sumber: wikipedia/bbs)

Loading...