Polisi Kejar Provokator Bentrok Berbau SARA di Tapsel, Akun Facebook Darius Dibajak…

(ilustrasi/foto: sipirok.net)

MEDANSATU.COM, Medan – Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) mengintensifkan penyelidikan untuk mengungkap siapa dalang di balik kerusuhan yang terjadi di Desa Hutapardomuan, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapsel, Selasa kemarin (19/9/2016).

Hal itu dilakukan setelah penyidik Polres Tapsel memeriksa Toni Darius Sitorus, pemilik akun Facebook (FB) yang diduga sebagai pemicu terjadinya aksi penyerangan itu.

“Pasti ada dalang di balik kerusuhan seperti ini. Kalaupun status Facebook itu yang dipersoalkan. Kan akunnya dibajak orang. Statusnya bukan dibuatnya sendiri, karena pemilik akun Facebook itu sudah diperiksa dan mengakui itu akun miliknya sendiri, tetapi tidak ada menulis status yang melecehkan orang lain,” tegas Kapolres Tapsel, AKBP Rama Samtana, saat dihubungi via telepon dari Medan, Selasa (20/9/2016).

Karena itu, sambung Rony, Polres Tapsel meminta bantuan dari Tim Cyber Crime Polda Sumut untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku pembajakan akun Facebook itu.

“Pelaku pembajakan itu sedang kita telusuri, dibajak di daerah mana, waktunya jam berapa, itu pasti ketahuan. Yang jelas, pertikaian antar kampung ini pasti ada provokatornya,” ujarnya.

Namun demikian, masih kata dia, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendekatan dengan para tokoh agama dan warga yang dituakan di tiga desa tersebut untuk meredam suasana. “Upaya yang kita lakukan adalah mendinginkan suasana dulu, proses selanjutnya kita akan mencari provokatornya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, bentrok berbau Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) pecah di Desa Aek Badak, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), Senin malam (19/9/2016). Akibat petristiwa itu 4 orang terlukan, 2 di antaranya terkena luka tembak.

Loading...
Web Analytics