HUT Ke-55 Gerakan Pramuka

Walikota: Pramuka Medan, Teruslah Berkarya…

Walikota Medan saat bersalaman dengan anggota Saka Taruna Bumi. (mendansatu.com/hendrix)

MEDANSATU.COM, Medan – Walikota Medan Dzulmi Eldin mengajak seluruh jajaran Pramuka untuk terus berkarya dan selalu mendarmabaktikan dirinya tanpa pernah memandang suku, agama maupun ras.

Selain itu melalui gerakan Pramuka, juga diharapkan untuk terus meningkatkan rasa kecintaan kepada bangsa, semangat nasionalisme, kemandirian kreatifitas, kejujuran, komitmen serta semangat bekerja keras.

Ajakan ini disampaikan Eldin ketika menghadiri peringatan Hari Pramuka Ke-55 tahun 2016 di Lapangan Merdeka Medan, Minggu petang (25/9/2016).

Menurutnya, menjadi Pramuka identik menjadi pemuda Indonesia yang mencintai tanah airnya yang diwujudkan melalui karya dan pengabdian. Itu sebabnya Pramuka dapat dijadikan salah satu wadah bagi pembentukan jiwa nasionalisme dan kebangsaan, terutama generasi muda.

Di samping itu, jelas Eldin, Gerakan Pramuka juga menanamkan jiwa dan semangat gotong-royong serta penghargaan kepada kebhinekaan yang ada di Indoenesia. Oleh karenanya melalui Gerakan Pramuka ini, dapat mengembangkan sikap saling menghargai. Di dalamnya tidak ada sekat agama, suku bangsa, budaya maupun yang lainnya.

“Semua menyatu di dalam darma kepada nusa dan bangsa. Semangat Pramuka cenderung menepiskan sifat-sifat indivisu, sebab semuanya dilakukan secara kolektif dalam kebersamaan. Jadi Pramuka merupakan media yang sangat cocok bagi pemuda Indonesia untuk mempraktikkan jiwa dan semangat kebersamaan yang sesungguhnya sudah menjadi modal dasar bagi kita semua,” kata Eldin.

Selanjutnya Eldin yang merupakan Ketua Majelis Pembina Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan mengingatkan, saat ini tengah menapaki transpormasi menuju era medernitas yang semakin berkembang dengan segala implikasinya.

loading...
loading...
Loading...