Ulang Tahun Ke-84 Suyadi ‘Pak Raden Si Unyil’ Dirayakan Google

(foto: google)

MEDANSATU.COM, Medan – Jika Anda membuka halaman utama Google hari ini Senin (28/11/2016), pasti akan muncul tokoh boneka serial ‘Si Unyil’ yang populer di TVRI pada tahun 80-an. Kenapa Google menampilkan gambar film anak-anak jadul tersebut?

Rupanya hari ini Google merayakan ulang tahun ke-84 Pak Raden alias Suyadi, tokoh di balik serial film boneka tersebut. Diketahui, seniman yang dikenal dengan kumis tebal melintang dan suara berat ini merupakan ilustrator film yang dulu diputar setiap Minggu pagi tersebut.

Suyadi' Pak Raden'. (foto: istimewa)
Suyadi’ Pak Raden’. (foto: istimewa)

Anda yang mengenal Unyil, Pak Ogah, Pak Ableh, Meilani, Usrok, dan Kinoi, pasti Anda pasti mengenal Pak Raden alis Suyadi tersebut. Karena Suyadi selain ilustrator, juga memerankan tokoh Pak Raden.

Animatot andal Indonesia ini lahir pada 28 November 1932, ia meninggal dunia pada 30 Oktober 2015, di Rumah Sakit Pelni. Jasadnya dimakamkan di tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta.

Selama karirnya di dunia pendidikan anak di Indonesia, Pak Raden sangat lekat dengan karyanya ‘Si Unyil’. Film boneka itu sangat mendidik, dan mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan keberadaban di Indonesia. (hendrix)

Loading...