3 Warga Uighur Ditembak Mati Polisi China, Dituduh Terlibat Aksi Terorisme…

(foto: The Indian Express)

MEDANSATU.COM, China – Dituduh teroris, 3 warga minoritas muslim Uighur, Xinjiang, ditembak mati polisi China. Ketiga orang yang ditembak mati tersebut diduga telah melakukan aksi teror yang membahayakan.

Seperti dilaporkan situs berita resmi pemerintah Xinjiang, tianshan.net, Senin (9/1/2017), disebutkan sebelum dilakukan penembakan mati, sempat terjadi baku tembak sengit pada Minggu (8/1/2017).

“Kami menembak mati para penjahat itu di lokasi. Tak ada korban di pihak kami,” demikian pernyataan pemerintah Xinjiang seperti dilansir detik.com.

Pemerintah menyebut ketiga terduga teroris itu terlibat insiden 2015 lalu. Namun tak dijelaskan seperti apa insiden tersebut.

Diketahui, ratusan orang tewas dalam beberapa tahun ini di Xinjiang terkait kekerasan antara warga Uighur dan warga etnis mayoritas China, Han. Xinjiang berada di perbatasan Asia Tengah dan Pakistan.

Pemerintah China menyalahkan para militan Uighur atas kekerasan tersebut. Namun kelompok-kelompok HAM menyatakan, kemarahan atas kendali pemerintah China pada agama dan budaya Uighur lebih patut dipersalahkah.

Pemerintah China sendiri telah berulang kali membantas adanya represi di Xinjiang.
Dalam beberapa bulan ini, Xinjiang umumnya tenang, dengan tanpa kekerasan besar yang dilaporkan terjadi.

Namun pada Desember 2016 lalu, media pemerintah menyatakan tiga penyerang mengendarai sebuah kendaraan, lalu menabrakkan mobil mereka ke sebuah gedung pemerintah di Hotan, dan menghidupkan bahan peledak. Ketiga penyerang kemudian membunuh dua orang dengan pisau, sebelum ketiganya tewas ditembak polisi.
(sumber: tianshan.net/detik.com)

loading...
Loading...