Seskab: Draf Perpres Badan Siber Nasional Diserahkan ke Presiden Jokowi

(ilustrasi/foto: Okezone)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Seskab Pramono Anung menyebut draf peraturan presiden (Perpres) Badan Siber Nasional telah diserahkan ke Presiden Jokowi. Pembentukan lembaga ini untuk menangkal serangan dunia cyber.

Meski perpres sudah diserahkan, masih ada dua pilihan yang dipertimbangkan. Pilihan itu antara nama Badan Siber Nasional atau badan siber di mana Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) sebagai embrionya.

“Perpresnya sudah kami siapkan dan sudah diajukan hari ini kepada Pak Presiden dan tentunya mana yang akan dipilih,” ujar Pramono seperti dilansir detik.com, Senin (9/1/2017).

Pandangan ini, menurut Pramono, memerlukan arahan dan finalisasi dari Presiden Jokowi. Sementara itu, mengenai tugas dan fungsi lembaga ini nantinya untuk mengantisipasi dampak perkembangan dunia cyber yang semakin cepat.

Target dari dibentuknya lembaga ini bukan sekadar beredarnya berita hoax, tetapi lebih pada pertahanan siber. Serangan dunia cyber, kata Pramono, bisa berasal dari mana saja. Nantinya badan ini juga akan terintegrasi dengan UU ITE. (sumber: detik.com)

loading...
Loading...