Ini 3 Pati Calon KSAU yang Baru, Sudah Diajukan Panglima ke Presiden…

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (foto: istimewa)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah menyiapkan 3 calon Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru menyusul pensiunnya KSAU Marsekal Agus Supriatna pada bulan ini.

Nama tiga calon KSAU baru tersebut menurut panglima telah diajukan kepada Presiden Jokowi. “Saya sudah mengajukan kepada presiden, 3 orang calon, semuanya bintang tiga,” ujarnya kepada wartawan seperti dilansir detik.com di Mabes TNI, Rabu (11/1/2017).

Tiga perwira tinggi (pati) bintang tiga yang diusulkan Panglima adalah Marsdya Hadi Tjahjanto yang kini menjabat sebagai Irjen Kementerian Pertahanan, Wakil KSAU Marsdya Hadiyan Sumintaatmadja, dan Marsdya Bagus Puruhito yang kini mengemban tugas sebagai Wagub Lemhanas.

Kepala Basarnas FHB Soelistyo yang juga berpangkat Marsdya tidak diusulkan, karena Soelistyo sebentar lagi akan memasuki pensiun. “Kenapa (Kepala) Basarnas tidak saya ajukan. Karena pensiun bulan depan,” jelasnya.

Jenderal Gatot menyebut, rapat dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) TNI tidak memberikan pertimbangan khusus kepada salah satu calon. Semua perwira tinggi bintang tiga TNI yang diajukan untuk menjadi KSAU disetor seluruhnya kepada Jokowi.

“Saya tidak memberikan (siapa yang paling) potensi, itu hak prerogatif presiden. Saya hanya mengajukan, silakan beliau yang memilih,” terangnya.

Namun Gatot belum bisa memastikan kapan KSAU baru akan dilantik. Hal tersebut masih menunggu keputusan presiden siapa yang dipilihnya menggantikan Marsekal Agus Supriatna. “Tergantung presiden, (tunggu) Keppres. Semua diajukan sama,” kata Gatot.

Marsekal Agus akan memasuki masa pensiun akhir bulan ini. Ia mulai menjabat sebagai KSAU sejak 2 Januari 2015. Sebelum menjadi KSAU, Agus menjabat sebagai Kasum TNI, Wairjen TNI dan Panglima Koopsau II. (sumber: detik.com)

loading...
loading...
Loading...