Kapal Perang dan Kapal Induk China Dihalau Jet Tempur Taiwan…

(foto: defense-update.com)

MEDANSATU.COM, Taiwan – Militer China dinilai kembali melakukan provokasi. Mereka mengerahkan sejumlah kapal perang dengan 1 kapal induk masuk ke selat Taiwan.

Provokasi itupun dibalas Taiwan yang langsung mengerahkan jet tempur dan kapal perang. TNI AL Taiwan langsung menghalau kapal-kapal perang China tersebut.

Namun otoritas militer China membantah armadanya telah memasuki wilayah perairan Taiwan. Seperti dilansir reuters, Rabu (11/1/2017), kapal induk Liaoning dan sejumlah kapal perang lainnya baru kembali dari latihan militer di Laut China Selatan (LCS).

Mereka tidak memasuki wilayah perairan Taiwan, namun masuk ke dalam zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) di barat daya Taiwan. Taiwan mengerahkan sejumlah jet tempur dan kapal perang untuk memantau dan mengendalikan pergerakan kapal-kapal China itu melalui perairan sempit yang memisahkan Taiwan dan China.

“Kami memantau sepenuhnya pergerakan kapal-kapal itu,” tutur juru bicara Kementerian Dalam Negeri Taiwan, Chen Chung-chi. Pesawat dan kapal militer Taiwan dikerahkan untuk mengikuti kapal induk dan kapal perang China itu, yang berlayar di sisi barat Selat Taiwan.

Dalam pernyataannya, China menyebut kapal induk Liaoning baru saja dalam masa latihan untuk menguji senjata dan perlengkapan di Laut China Selatan yang menjadi sengketa. China menegaskan, pergerakan kapal induk itu sesuai hukum internasional. (sumber: reuters/detik.com)

loading...
Loading...