Polres Taput Kerahkan 211 Personel Amankan 40 Pilkades…

Kompol B Turnip saat menyematkan tanda PAM Pilkades. (bisnur sitompul/medansatu.com)

MEDANSATU.COM, Taput – Untuk persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Polres Taput melaksanakan apel gelar pasukan, Rabu (19/4/2017).

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolres Taput Kompol B Turnip yang dihadiri mewakili Bupati Taput Asisten I Drs Parsaoran Hutagalung, mewakili Dandim 0210/TU, mewakili Kejari Taput, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah camat se-Kabupaten Taput, Sumatera Utara (Sumut).

Pilkades serentak di kabupaten Taput direncanakan berlangsung pada hari Jumat (21/4/2017) yang diikuti 40 desa dari 241 desa di Taput. Pilkades serentak tahap kedua ini dilaksanakan setelah sebelumnya pilkades tahap ke I pada tahun 2015 yang lalu telah selesai pelaksanaannya.

Wakapolres Taput Kompol B Turnip mengatakan, jumlah personil Polres Taput yang ditugaskan dalam rangka pilkades ini sebanyak 211 personel. Namun yang langsung ditempatkan di TPS sebanyak 73 personel.

Sedangkan pola pengamanan ada dua, yaitu rawan dan aman. Untuk pola rawan akan ditempatkan 2-3 orang personel. Sedangkan untuk pola aman akan tempatkan 1 orang personel.

Sementara data yang diterima, dari 40 desa yang sudah ditetapkan melakukan Pilkades serentak pada 21 April 2017 nanti, sejauh ini satu desa yaitu Desa Hutauruk Hasundutan, Kecamatan Sipoholon, masih dalam tahap pengkajian apakah bisa dilanjutkan atau tidak.

Hal itu disebabkan salah satu calon kades di desa tersebut atas nama Tohom Hutauruk melakukan gugatan ke PTUN karena tidak terima keputusan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) yang tidak meloloskan dirinya sebagai calon kades.

“Setelah apel gelar pasukan ini, maka seluruh personel yang telah ditugaskan di desa dalam melakukan pengamanan pilkades, akan langsung digeser ke desa masing-masing agar bisa memantau situasi dan menjamin pilkades berjalan dengan aman dan damai,” ucap Kompol B Turnip. (bisnur sitompul)

loading...