Ssst!… Ini Klub Bola Paling Kaya Sedunia Versi Majalah Forbes

(ist/net)

MEDANSATU.COM, Inggris – Majalah Forbes kembali merilis klub sepak bola paling kaya sedunia tahun 2017. Posisi pertama yang tahun lalu dipegang oleh Real Madrid diambil alih oleh Manchester United.

Ya, Manchester United (MU) memang sedang minim prestasi. Musim lalu, MU hanya meraih satu gelar, yakni Juara Liga Europa.

Meski kering dalam prestasi, namun Manchester United bolah berbangga diri. Menurut data terbaru yang dirilis Forbes, Rabu (12/7/2017), Manchester United menjadi klub sepak bola paling kaya.

Tim yang diasuh Jose Mourinho itu memiliki total kekayaan sebesar 3,69 miliar dolar AS. Melonjaknya pundi-pundi uang United tahun ini dipicu beberapa faktor. Selain dari sponsor dan hak siar, penjualan merchandise turut mendongkrak pemasukan klub. Dari kontrak hak siar televisi, Setan Merah meraup 8,4 miliar pounds selama tiga tahun.

Kekayaan klub yang bermarkas di Old Trafford itu mengungguli dua klub elit Spanyol Barcelona dan Real Madrid. Barca yang musim lalu hanya meraih titel Copa del Rey tidak lantas kehilangan pamor dan menurun daya jualnya.

Azulgrana yang memiliki Messi dan Neymar masih punya daya jual tinggi. Terbukti klub yang bermarkas di Nou Camp ini mengoleksi kekayaan sebesar 3,64 miliar dolar AS.

Loading...
Web Analytics