China Protes Indonesia Soal Laut Natuna Utara…

Peta Laut China Selatan. (medansatu.com/ist)

MEDANSATU.COM, Natuna – Peta Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), diprotes Pemerintah China. Negeri ‘Tirai Bambu’ itu juga memprotes penamaan wilayah perairan di wilayah itu menjadi Laut Natuna Utara.

Apakah protes ini menunjukkan China tetap mengklaim wilayah Indonesia di Natuna? Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari China.

Kementerian Luar Negeri China menyebut pemakaian nama baru untuk perairan di utara Kepulauan Natuna sebagai hal ‘yang tidak kondusif’.

“Negara-negara tertentu yang melakukan penamaan kembali, itu tak ada artinya sama sekali dan tidak kondusif dalam upaya mendorong standardisasi penamaan geografi,” kata Geng Shuang, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, di Beijing.

Sebelumnya, Indonesia melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman telah mengumumkan secara resmi nama baru perairan di utara Kepulauan Natuna yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan dengan nama Laut Natuna Utara.

Terkait protes China ini, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, perubahan peta tersebut tidak menyentuh wilayah Laut China Selatan. “Perubahan peta kita masih yang di daerah, nggak sampai South China. Jadi dalam zona 200 kilometer sedang kita kaji,” katanya seperti dilansir detik.com, Senin (17/7/2017).

Luhut belum menjelaskan upaya pemerintah dalam menanggapi keberatan pemerintah China tersebut. “Ya nanti kita lihatlah,” tuturnya.

Deputi I Kementerian Koordinator Kemaritiman Arif Havas Oegroseno mengatakan pemerintah memilih nama Laut Natuna Utara berdasarkan penamaan yang telah lebih dulu digunakan industri migas untuk perairan tersebut. (*/msc)

 

Loading...
Web Analytics