Sukmi, TKI asal Banten Disekap 22 Tahun di Arab Saudi Tanpa Gaji, Pilu…

Sukmi saat diwawancarai petugas. (foto: detik.com)

MEDANSATU.COM, Banten – Pilu! TKI asal Lebak, Banten, ini 22 tahun disekap majikannya di Arab Saudi dan tak pernah digaji.

Ia disekap sejak berusia 14 tahun, dan baru bisa dibebaskan KBRI Riyadh, Arab Saudi, dan pulang ke tanah air, akhir pekan lalu.

Nasib pilu ini dialami oleh Sukmi binti Sardi Umar, warga Kampung Tangkor, Desa Mekar Sari, Kecamatan Maja, Lebak, yang kini telah berusia 36 tahun. Saat itu ia berangkat menggunakan cara tak resmi karena ingin membantu perekonomian orangtuanya.

Menurut cerita ibunya, Umsah, Sukmi berangkat ke Arab Saudi atas permintaanya sebagai orangtua. “Waktu berangkat masih kecil, masih 14 tahun,” ujarnya seperti dilansir detik.com, Senin (17/7/2017).

Sukmi sempat menolak, selain masih kecil, ia juga cuma tamatan kelas 4 SD. Tapi akhirnya ia berangkat juga, karena kondisi perekonomian orangtuanya. Ia berangkat menggunakan data kakak tertuanya, Madropi.

Sejak berangkat ke Arab Saudi, pihak keluarga kehilangan kontak, tak ada kabar sama sekali. “Nggak lulus SD nggak bisa bikin surat, susah kasih kabar ke sini,” kata Madropi.

loading...
Loading...