Warning! Ini Peringatan Pemko Medan Untuk 836 Pedagang Jalan Bulan, Kalau Menolak…

Ilustrasi. (dok/medansatu.com)

MEDANSATU.COM, Medan – Warning! Ini peringatan untuk para pedagang Jalan Bulan, Kelurahan Pusat Pasar, Kecamatan Medan Kota, Medan. Mereka diminta untuk segera mengosongkan kiosnya, kalau tidak, ini yang bakal terjadi…

Berdasarkan siaran pers Humas Pemko Medan yang diterima medansatu.com, Senin (17/7/2017) menyebutkan, penertiban (penggusuran) segera dilakukan. Surat pemberitahuan pengosongan kios juga telah disampaikan kepada para pedagang oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan pada Maret dan April 2017.

Hal ini terungkap pada rapat persiapan akhir penertiban yang dipimpin Kasat Pol PP Kota Medan, M Sofyan, Senin (17/7) di Balaikota Medan. Hadir pada rapat tersebut Direktur PD Pasar Rusdi Sinuraya, Camat Medan Kota Edy Mulia, Kabag Perekonomian Suherman dan beberapa Instansi terkait, Kompol Faidir Chan dari dari Polrestabes Medan, dan Serka Dede dari Kodim 0201/BS.

Jumlah pedagang yang akan ditertibkan berjumlah 836. Seluruhnya merupakan korban kebakaran eks Pasar Mercu Buana. Penertiban ini dilakukan agar para pedagang bersedia pindah ke sejumlah pasar yang dikelola PD Pasar Kota Medan, antara lain Pasar Sambu, Pasar Halat, Pasar Sentosa Lama, Pasar Pendidikan dan Pasar Induk.

Menurut M Sofyan, rencana relokasi ini para pedagang harus dapat menerimanya, karena tidak mungkin selamanya para pedagang akan berjualan di badan jalan. “Pasalnya, Jalan Bulan ini sifatnya penampungan sementara, untuk itu kita relokasi ke Pasar-Pasar Tradisional. Pemerintah Kota Medan akan segera menormalisasikan Jalan Bulan Kembali,” ujarnya.

Sementara Rusdi Sinuraya mengungkapkan, pada bulan Maret dan April 2017, pihaknya telah menyampaikan surat pengosongan kios. “Para pedagang dapat memilih pasar-pasar yang telah ditentukan sebagai tempat relokasi yang dekat dari tempat tinggal,” sebutnya.

Sementara Camat Medan Kota Edy Mulia, mengatakan Jalan Bulan itu akan dijadikan sebagai jalan alternatif. Kemudian akan dibuat rekayasa jalan dua jalur dan direncanakan selanjutnya sebagai tempat jualan aneka kuliner khas Kota Medan. (hendrix)

loading...