Anda Wajib Tahu, Ini 3 Tanda Mesin ATM ‘Diintai’ Penjahat…

(ilustrasi/foto: pilihkartu)

MEDANSATU.COM, Medan – Mesin anjungan tunai mandiri (ATM) merupakan salah satu alat yang dimanfaatkan oleh penjahat untuk mencuri uang. Sayangnya, masih banyak nasabah yang tidak tahu tanda-tanda mesin ATM yang digunakan penjahat untuk memuluskan rencananya.

Skimming mesin ATM bukan lagi isapan jempol belaka. Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit, dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetiknya secara ilegal.

Mereka menggunakan banyak cara, mulai dari memalsukan pembaca kartu hingga memasang kamera tersembunyi. Selain itu, mereka biasanya membuat perangkat skimming terlihat seperti aslinya sehingga mudah mengecoh korban.

Nah, jika Anda tidak ingin menjadi korban skimming atau penipuan mesin ATM, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tiga tanda mesin ATM yang dimanipulasi oleh penjahat seperti dilansir How Stuff Works, Rabu (9/8/2017):

1. Slot kartu palsu

Hal pertama yang harus diperhatikan saat di mesin ATM adalah slot kartu. Pembaca kartu palsu dapat merekam data pribadi pada kartu debit dan mengetahui nomor PIN melalui perangkat palsu yang dipasang pada mesin ATM. Salah satu perangkat yang digunakan adalah slot atau pembaca kartu palsu.

Loading...