Mengapa Banyak TKI Ilegal di Malaysia? Ini Jawabannya Kata Bu Menteri…

Menlu Retno Marsudi. (foto: liputan6)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Mengapa banyak tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal di Malaysia. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi punya jawabannya.

Menurut Bu Menteri, majikan menjadi faktor banyaknya TKI ilegal di Malaysia. Hal itulah yang kemudian menjadi pembahasan utama Retno dengan Menlu Malaysia Dato’ Sri Anifah Aman.

Retno mengatakan, permasalahan penduduk asing tanpa izin (PATI) dan pekerja imigran ilegal di Malaysia, bukan hanya terpaku pada para pekerja saja, tapi juga terletak pada setiap majikan yang berkeras mempekerjakan para imigran tersebut dengan status ilegal.

“Indonesia berharap Malaysia terus menegakkan fair regulation antara peran pekerja dan majikan dalam permasalahan pekerja imigran ilegal ini,” kata Retno seperti dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (12/8/2017).

Dia meminta Malaysia bisa lebih memaksimalkan kebijakan rehiring dan deportasi sukarela ini bagi para pekerja imigran ilegal di negara itu, khususnya dengan lebih melibatkan para majikan dan pemberi pekerjaan dalam program ini.

Hal ini dilakukan Retno guna memperbesar kesempatan TKI ilegal di Malaysia agar bisa melegalkan status pekerja mereka, dan terhindar dari deportasi paksa atau masuk daftar hitam. (sumber: cnnindonesia)

 

loading...
Loading...