Hanya di Sini Kopi Mandailing Dijamin Asli…

Produk asli Kopi Mandailing. (medansatu.com/suheri)

MEDANSATU.COM, Medan – Para petani kopi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), saat ini telah membuat beberapa kelompok tani untuk memajukan usaha di bidang pertanian kopi.

Untuk membuat kopi Mandailing (Mandheling Coffee) kembali eksis, para petani, pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) membuat program dari pengelolaan pertanian kopi, pembuatan produk unggulan hingga pemasaan produk.

Pembibitan Kopi Mandailing. (medansatu.com/suheri)

Seorang petani kopi yang tinggal di Huta Godang di Kecamatan Ulu Pungkut bernama Syafruddin Lubis (44 tahun) mengatakan, saat ini terdapat dua koperasi yang secara khusus merupakan kumpulan kelompok tani dan berjuang untuk beberapa hal seperti untuk meningkatkan pertumbuhan lahan dan pertumbuhan produksi kopi yang baik.

“Kami para petani juga berjuang meningkatan harga beli biji kopi di kalangan petani Kopi Mandailing. Di koperasi, kami juga membuat produk kopi unggulan yang dikemas bagus agar menarik,” ujar Syafruddin, Selasa (5/9/2017).

Dijelaskkannya, 2 koperasi para petani itu adalah Koperasi Serba Usaha (KSU)- Kopi Mandailing Jaya. Koperasi ini didirikan tahun 2015 dan terus bekerja sampai saat ini serta berkantor di Desa Alahan Kae dan memfokuskan organisasinya berkerja di wilayah Kecamatan Ulu Pungkut dan sekitarnya.

Loading...
Web Analytics