Pemkab Taput Siapkan Launching Sistem Informasi Perencanaan dan Perizinan

Temu pers persiapan launching e-Government di Kantor Bupati Taput. (bisnur sitompul/medansatu.com)

MEDANSATU.COM, Taput – Pemkab Tapanuli Utara (Taput), Sumatera utara (Sumut), melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, melakukan sosialisasi persiapan launching penerapan e-Government, yakni Sistem Informasi Perencanaan dan Perizinan, Rabu (6/9/2017).

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi, melalui Asisten III Satya Darma Nababan mengatakan, tujuan penerapan e-Goverment untuk menciptakan pemerintahan yang baik, bersih, efektif dan efisien, karena lebih murah, akuntabel dan cepat terpantau secara online melalui aplikasi.

“E-Government ini nantinya akan secara online memonitoring, evaluasi dan sistem pelaporan dalam lingkungan Pemkab Taput. Karena segala bentuk informasi dan data dari setiap OPD (organisasi pemerintahan daerah) dapat dikomunikasikan melalui email masing-masing dan aplikasi yang telah ada,” katanya.

“Segala bentuk laporan kegiatan bahkan absensi pegawai dapat dilakukan secara digital sehingga pelaksanaan tupoksi masing-masing OPD dapat terpantau secara cepat,” imbuhnya.

Nababan menambahkan, Sistem Informasi Perencanaan dan Perizinan yang nantinya akan di launching, merupakan suatu hal yang penting dalam menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan bersih sesuai dengan instruksi dan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sehingga nantinya mempunyai dampak positif bagi pelayanan yang semakin bersih dan transparan. Beberapa kabupaten/ kota di Indonesia telah menerapkan E-Government ini, dan mudah-mudahan bulan depan Pemkab Taput telah menerapkannya.

Begitu juga, direncanakan pada tahun depan Pemkab Taput akan menerapkan E-Budgeting sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengakses seluruh anggaran dan peruntukannya di lingkungan Pemkab Taput.

“Satu atau dua bulan ke depan, Pemkab Taput akan menerapkannya. Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dari insan pers di Taput. Karena sesuai UU No. 40 tahun 1999, Pers merupakan pilar penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik,” sebutnya.

Baca juga
Ini Kabar Perburuan Andi Lala, Otak Pelaku Pembunuhan Satu Keluarga di Medan

“Pers merupakan salah satu kekuatan yang penting untuk menopang sebuah pemerintahan yang baik. Pers merupakan mitra pemerintah yang sangat dibutuhkan dalam memberi saran dan kritik yang membangun,” ungkapnya. (bisnur sitompul)

Loading...
Web Analytics