Transfer Uang Rp 18,9 T, Konglomerat Indonesia Bikin Heboh, Siapa Ya?

(ilustrasi/foto: boombastis)

MEDANSATU.COM, Inggris – Konglomerat Indonesia bikin heboh Eropa. Ini gara-gara ia mentransfer uang senilai Rp 18,9 triliun dari Standard Chartered, Guernsey, Inggris ke bank di Singapura. Siapa ya?

Kasus transfer uang ini masih diselidiki regulator keuangan di Eropa. Mereka sedang memeriksa Standard Chartered terkait transfer uang tersebut.
Seperti dikutip dari BBC dari Bloomberg, Senin (9/10/2017), transfer dana tersebut terjadi pada 2015 lalu.

Saat transfer dana itu itu dilakukan, Guernsey belum menerapkan peraturan pelaporan global untuk data pajak. Informasi ini telah diterima Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“PPATK mulai Januari sudah menerima informasi itu secara berangsur-angsur,” ujar Kepala PPATK, Kiagus Ahmad Badaruddin, kepada detikFinance, hari ini.

Kiagus menjelaskan, isi informasi itu adalah ada transfer dana warga negara Indonesia tersebut. Selanjutnya, informasi tersebut sudah diteruskan ke instansi yang berwenang.

Namun, Kiagus enggan mengungkap dari mana sumber informasi itu. Dia juga menolak menyebut informasi itu tersebut diserahkan ke instansi mana.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi, menjelaskan sudah berkoordinasi dengan pihak Standard Chartered terkait temuan itu. “Mereka lapor kok, Stanchart ke kita, kasih tahu suruh ikut betulin SPT nya,” terangnya. (*/DC)

Loading...
Web Analytics