Awas! Ini 4 Tanda Kanker Payudara yang Jarang Diketahui…

(ilustrasi/istimewa)

MEDANSATU.COM – Banyak gejala atau tanda kanker payudara tak dihiraukan, sehingga pengobatannya selalu terlambat. Dan, kemudian penyakit ini menjadi salah satu pembunuh wanita paling tinggi di Indonesia.

Padahal jika diketahui sejak stadium awal, peluang untuk disembuhkan menjadi lebih besar. Tak perlu dilakukan operasi pengangkatan payudara. Sayangnya, kebanyakan wanita baru mengetahuinya setelah stadium lanjut.

Gejala kanker payudara bukan hanya benjolan. Riset National Cancer Research Institute di Inggris menyatakan, 1 dari 6 wanita penderita kanker payudara melaporkan adanya gejala yang bukan benjolan.

“Jika wanita menemukan perubahan apapun pada payudaranya, mereka perlu segera menemui dokter untuk melakukan evaluasi,” ujar Joseph Weber MD, spesialis bedah kanker payudara dari Aurora Health Care di Milwaukee, AS, seperti dikutip dari Women’s Health, Selasa (10/10/2017).

Berikut gejala kanker payudara selain benjolan menurut Weber:

1. Seperti kulit jeruk

Munculnya area kasar yang terasa seperti kulit jeruk atau lebih tebal dari biasanya, atau munculnya cekungan di kulit bisa jadi tanda kanker payudara. Pada beberapa kasus, saluran dari dalam payudara ke kulit jadi terblok, yang menimbulkan perubahan pada kulit. Hal ini membuat payudara jadi seperti dilingkupi kulit jeruk.

Loading...
Web Analytics