DOR! 3 dari 11 Perampok Rp 2,6 Miliar Ditembak Polda Sumut…

AKBP Maruli Siahaan (tengah) saat memaparkan penangkapan 11 pelaku perampokan truk bermuatan rokok. (medansatu.com/mira)

MEDANSATU.COM, Medan – Polda Sumut menembak 3 dari 11 perampok senilai Rp 2,6 miliar. Sementara 9 lainnya masih buron dan diminta menyerahkan diri atau ditindak tegas.

Sebanyak 20 perampok tersebut merampok truk bermuatan rokok Gudang Garam bernilai miliaran rupaih tersebut di Jalan Linta Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh, tepatnya di Desa Bukit Selamat, Besitang, Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Pistol milik perampok yang diamankan. (medansatu.com/mira)

“Sembilan pelaku lainnya masih dalam pengejaran. Kami imbau segera menyerahkan diri,” kata Wakil Direktur Ditreskrimum Polda Sumut, AKBP Maruli Siahaan didampingi Kasubdit III/Jatanras, AKBP Faisal Napitupulu, Selasa (10/10/2017).

Sebelumnya komplotan perampok di Jalinsum ini telah tiga kali beraksi, satu di antaranya di Kota Tebing Tinggi. Saat itu para perampok berhasil menggondol rampokan senilai Rp 6,1 miliar.

Adapun 11 pelaku yang berhasil ditangkap adalah Muhamad Yusuf sebagai pelaku utama, Jono alias Wakno, Afrizal alias April, Juliadi, Tody Novel, Irwansyah alias Iwan, Yusrizal, Zulkifli, Kariman Saragih, Wahyu Saputra dan Sangapta Ras Gurusinga alias Pak Ucok.

“Jadi para pelaku saat beraksi sudah terorganisir. Mereka naik mobil membuntuti mobil truk dan memalangnya. Senjata air softgun ditodongkan ke sopirnya sedangkan pelaku lainnya membongkar muatan untuk dipindahkan ke mobil pelaku,” ujar Maruli.

AKBP Maruli Siahaan mengatakan, dari hasil pemeriksaan 11 pelaku yang ditangkap, mereka sudah beraksi sebanyak tiga kali. “Mereka pernah beraksi di wilayah Tebingtinggi, Medan dan Langkat. Total hasil curiannya mencapai Rp 6,1 miliar,” ucap Maruli Siahaan.

Pelaku utama dalam kasus ini bernama Muhammad Yusuf alias Yusuf Tongkol tak segan-segan menodongkan pistol ke arah sopir truk saat beraksi. “Tiga pelaku utama kami hadiahi timaj panas. Yusuf tongkol yang mendongkan pistol lalu melakbannya,” kata Maruli Siahaan.

Baca juga
Membara!... 6 Rumah Jadi Abu di Labura, Lihat Foto-fotonya

Atas perbuatannya, 11 pelaku disangkakan melanggar Pasal 365 Ayat (2) subsider 480 KUHPidana dengan ancaman 5 tahun penjara. (mira)

Loading...
Web Analytics