5 Desa di Langkat Direndam Banjir, Ratusan Keluarga Jadi Korban…

(foto: BPBD Langkat)

MEDANSATU.COM, Langkat – Banjir bandang terjadi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Akibatnya, 5 Desa dan Kelurahan di Kecamatan Besitang terendam, Rabu (11/10/2017).

(foto: BPBD Langkat)

Kasubsi Kesiapsiagaan BPBD Langkat, Iriadi mengatakan bencana banjir tersebut terjadi pada pukul 14.00 WIB. Sebelum banjir terjadi, pada Selasa (10/10/2017) pukul 17.00 WIB terjadi hujan lebat dan pukul 24.00 WIB masyarakat melaporkan air Sungai di Kecamatan Besitang sudah masuk ke rumah warga.

“Pada pukul 10.00 Wib air makin naik. Saat ini air mulai surut walau hanya sedikit,” jelas Iriadi.

Informasi dari BPBD Langkat, lokasi yang terendam banjir yakni Desa Bukit Mas, sebanyak 97 keluarga terdampak air sungai setinggi 1-1,5 meter.

(foto: BPBD Langkat)

Desa Sekoci, sebanyak 435 terdampak banjir setinggi hingga 2 meter, Kelurahan Kampung Lama sebanyak 504 keluarga terdampak banjir setinggi 1,5 meter.

Lalu Kelurahan Pekan Besitang sebanyak 200 keluarga terdampak banjir setinggi ‚Äčair 1,5 meter. Dan Kelurahan Bukit Kubu sebanyak 300 keluarga terdampak banjir setinggi 1,5 meter.

“Upaya yang dilakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan. BPBD juga telah mendirikan tenda posko dan dapur umum di Kelurahan Kampung Lama,” tambah Iriadi.

Tindakan lain yang dilakukan BPBD yakni mengevakuasi warga ke posko pengungsian yang telah disiapkan warga. Untuk mengantisipasi banjir susulan, BPBD juga berkoordinasi dengan pihak BMKG. (suheri)

Loading...
Web Analytics