Catatan Albert Einstein Soal Cara Hidup Bahagia Laku Rp 21 Miliar, Begini Isinya…

Catatan Albert Einstein yang laku Rp 21 miliar. (foto: bbc)

MEDANSATU.COM – Sebuah catatan Albert Einstein soal teori hidup bahagia laku dilelang dengan nilai lebih dari Rp 21 miliar. Tentu saja harga ini tergolong fantastis untuk sebuah catatan saja. Apa isinya?

Seperti dilansir BBC, Rabu (25/10/2017), ada dua catatan tulisan tangan Einstein yang diberikan kepada seorang kurir di Tokyo pada 1922 silam. Catatan itu diberikan sebagai ganti tip.

Saat itu, seorang kurir datang ke kamar Einstein untuk mengantarkan makanan. Tapi, fisikawan tersebut tidak punya uang untuk memberi tip.

Sebagai gantinya, Einstein memberikan dua catatan yang ditulis menggunakan alat tulis dari Hotel Imperial Tokyo. Einstein berkata kepada kurir tersebut bahwa jika dia beruntung maka catatan itu nantinya akan berharga.

Einstein menulis masing-masing satu kalimat di dua kertas. Keduanya ditulis dalam Bahasa Jerman.

“Hidup yang tenang dan sederhana membawa lebih banyak kegembiraan daripada mengejar kesuksesan yang terikat dengan kegelisahan terus menerus,” demikian bunyi catatan Einstein yang pertama.

Sementara itu, pesan yang kedua lebih singkat. “Di mana ada kemauan, di situ ada jalan,” demikian tulis Einstein.

Catatan yang diberikan Albert Einstein ke seorang kurir di Tokyo ini laku terjual lewat lelang. Catatan pertama terjual USD 1,56 juta atau lebih dari Rp 21 miliar, sementara yang kedua laku USD 240.000 atau lebih dari Rp 3,2 miliar.

Tak disangka, pesan tulisan tangan Einstein itu kini dilelang dan begitu bernilai. Harga lelang kedua pesan itu di luar dari perkiraan peserta lelang, harganya menjadi lebih tinggi. Dua pesan Einstein itu dijual oleh keponakan dari sang kurir.

Rumah lelang di Jerusalem mengatakan, salah satu pemenang lelang pesan Einstein itu adalah orang Eropa, namun mereka memohon untuk tidak dipublikasikan identitasnya. (ind)

Web Analytics