Unit Tipikor Polres Taput Periksa Kades Pohan Jae, Kades Desa Lubis Menyusul…

Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Taput, Ipda Arifin Purba, saat ekspos dengan APIP bersama ahli USU untuk menentukan jumlah kerugian negara di Desa Pohan Jae. (bisnur sitompul/medansatu.com)

MEDANSATU.COM, Taput – Petugas Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Sat Reskrim Polres Tapanuli Utara (Taput) memeriksa sejumlah Kepala Desa (Kades) di Taput, Sumatera Utara (Sumut), terkait dugaan korupsi penggunaan Dana Desa (DD) yang dilaporkan masyarakat.

Kapolres Taput AKBP Dr Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat SSi MSi melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing SH kepada medansatu.com, Rabu (8/11/2017) menjelaskan, Kades Pohan Jae Kecamatan Siborongborong, TP, diperiksa dalam dugaan korupsi penggunaan DD yang diperuntukkan untuk perkerasan jalan dengan biaya Rp 230.000.000 dan pembangunan rabat beton dengan biaya Rp 320.000.000.

“Kades Pohan Jae, TP, telah diperiksa. Begitu juga kita telah meminta keterangan dari ketua TPK, anggota TPK, BPD, Sekretaris Desa, Bendahara Desa dan ahli USU. Kemudian, kita telah ekspos dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) guna menentukan berapa jumlah kerugian uang Negara,” jelas Walpon Baringbing.

Sebelum melakukan pemeriksaan terhadap terhadap Kades Pohan Jae, TP, lanjut Baringbing, Unit III Tipikor Polres Taput bersama dengan tim ahli dari USU, Jumat (22/9/2017) lalu, telah melakukan investigasi proyek Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN TA 2016, di Desa Pohan Jae Kecamatan Siborongborong.

Tim investigasi yang dipimpin langsung oleh Kanit Tipikor, Ipda Arifin Purba, telah melakukan audit pada rabat beton, plat dekker serta saluran drainase di Dusun II Purba Sinomba, Desa Pohan Jae dengan biaya Rp 323.960.970.

Kemudian, memeriksa pembangunan perkerasan jalan, plat dekker serta saluran drainase, di Dusun II menuju Dusun III di Desa yang sama, dengan biaya sebesar Rp 251.841.867, yang diduga tidak sesuai dengan RAB.

Jadwal selanjutnya adalah, Selasa (14/11/2017) mendatang, ungkap Walpon Baringbing, akan dilakukan pemeriksaan terhadap Kades Desa Lubis, Kecamatan Pagaran Taput, JL, atas laporan masyarakat tentang dugaan korupsi penggunaan DD dan dana ADD tahun anggaran 2016.

Baca juga
Jumlah Mahasiswi Akbid Ika Bina Labuhanbatu yang Keracunan Makanan Bertambah, Ini Nama-namanya...

“Kepala Desa JL juga akan kita periksa dan memintai keterangan atas dugaan korupsi penggunaan DD dan ADD tahun anggaran 2016. Adapun yang kita periksa adalah dalam kegiatan pembangunan perkerasan jalan senilai Rp 270.000.000 dan pembuatan parit senilai Rp 165.000.000. Sebelumnya juga, Unit III Tindak Pidana Korupsi Sat Reskrim Polres Taput telah melakukan investigasi di lapangan,” pungkas Walpon Baringbing SH. (bisnur sitompul)

Loading...
Web Analytics