PLN Akan Hapus Pelanggan 900 VA, 1300 VA dan 3.300 VA, Semua Jadi 4.400 VA. Tarifnya Jadi…

(ilustrasi/istimewa)

“Ini masih dibahas, PLN membuat beberapa skema pemerintah juga bikin skema. Itu masalah teknis nanti masih dibahas, kita belum ada keputusan final ketentuan 4.400 VA. Intinya bagaimana supaya masyarakat bisa produktif dengan adanya listrik,” katanya, Senin (13/11/2017).

Mengenai kemungkinan diterapkan di tahun depan, Andy berharap rencana ini bisa dieksekusi secepatnya. Hanya saja saat ini masih terus dikaji lebih dalam. “Mulai secepatnya, tapi kan kita masih hitung,” tutur Andy.

Andy menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan rencana penyederhanaan tersebut. “Masyarakat enggak perlu khawatir, justru masyarakat bisa memanfaatkan listrik dengan baik,” ujar Andy.

Terkait rencana ini, Direktur Eksekutif Institute for Essensial Service Reform (IESR), Fabby Tumiwa menyebutkan, rencana ini sudah pernah diusulkan sebelumnya karena banyaknya golongan pelanggan listrik.

Akan tetapi yang perlu dikaji lebih lanjut adalah seberapa besar potensi kenaikan konsumsi listrik dengan kebjakan ini serta bagaimana penyediaan pasokan listrik ke depannya.

Loading...
Web Analytics