PLN Akan Hapus Pelanggan 900 VA, 1300 VA dan 3.300 VA, Semua Jadi 4.400 VA. Tarifnya Jadi…

(ilustrasi/istimewa)

“Tapi yang perlu dikaji adalah berapa besar potensi kenaikan konsumsi listrik dari kebijakan ini? Apa dampaknya pada penyediaan pasokan listrik di masa depan?” katanya.

Selain itu, pemerintah juga perlu memberikan sosialisasi kepada pelanggan listrik terkait rencana tersebut. Ia memperkirakan langkah ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan listrik PLN yang saat ini masih terus membangun pembangkit.

“Pemerintah harusnya memberikan penjelasan tentang untung rugi bagi masyarakat. Karena jelas kebijakan ini merupakan upaya untuk menyelamatkan PLN dari kondisi potensi oversupply (kelebihan pasokan) listrik,” tutur Fabby.

Biaya beban alias abodemen yang dibayarkan pelanggan dengan rencana penyederhanaan golongan listrik kepada PLN juga harus dijelaskan. Ia juga meminta abodemen yang dibayarkan terkait rencana ini menjadi beban pelanggan yang sesungguhnya tidak membutuhkan tambahan daya.

“Selain itu perlu diperjelas soal biaya beban untuk pelanggan pasca bayar. Berapa besarnya? Jangan sampai biaya beban jadi beban bagi konsumen yang tidak membutuhkan sambungan daya yang tinggi,” ujar Fabby. (sumber: detikfinance)

Loading...
Web Analytics