Bangunan SD dan Rumah Pendeta Ludes Terbakar di Tarutung

Petugas dan warga memadamkan api. (medansatu.com/bisnur sitompul)

MEDANSATU.COM, Taput – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 174566, Jalan Mayjen Yunus Samosir, Desa Partali Julu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), ludes terbakar.

Sebanyak 5 ruang kelas dan 1 unit rumah pendeta yang ditempati Bibelvrouw Gereja HKBP Partali Julu yang berdekatan dengan sekolah ludes diamuk si jago merah. Sementara 3 ruangan kelas terpaksa dirusak agar tidak ikut terbakar.

Warga berkerumun melihat kebakaran. (medansatu.com/bisnur sitompul)

Informasi yang diperoleh medansatu.com, Senin (13/11/2017), sebelum kejadian, Timi Boru Simangunsong (23), yang menghuni rumah dinas Bibelvrouw HKBP Partali Julu sedang menelepon di depan rumah, tiba-tiba melihat kepulan asap keluar dari salah satu atap ruang sekolah.

Dia lalu memanggil dan membangunkan temannya Rianti Silitonga (27) dari dalam rumah. Mereka lalu berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Tak lama kemudian, warga langsung berdatangan dan membantu memadamkan api.
Warga lainnya menghubungi Polres Taput dan Pemadam Kebakaran Pemkab Taput. Sekira pukul 17.00 WIB, mobil Damkar Pemkab Taput dan petugas dari TNI- Polri mendatangi lokasi dan memadamkan api bersama warga. Sekira pukul 18.10 WIB api berhasil dipadamkan.

Kapolres Taput AKBP Dr Jonius Taripar P Hutabarat SSi MSi, melalui Kasubbag Humas Aiptu W Baringbing SH kepada medansatu.com, Senin (13/11/2017) mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

Namun, sesuai sumber api dari atas asbes sekolah, diduga karena akibat hubungan pendek (korsleting) arus listrik. “Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran itu. Kita masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran, namun diduga karena arus pendek listrik,” terangnya.

“Kerugian materi ruang kelas yang terbakar dan dirusak sekitar Rp 800 juta. Untuk kerugian perumahan pendeta ditempati Bibelvrouw yang terbakar sekitar Rp 200 juta,” jelas Aiptu W Baringbing SH. (bisnur sitompul)

Baca juga
Lempar-lemparan Kotoran Anjing, Martua Marbun Bacok Kepala Hendra Kaban...

 

Loading...
Web Analytics