20 Menit 9 Rumah Jadi Abu di Labuhanbatu, Ini Penyebabnya…

(medansatu.com/habibi)

MEDANSATU.COM, Labuhanbatu – Sebanyak 9 (sembilan) unit perumahan milik PT Togos Gopas yang terletak di Dusun 4 Kampung Jawa, Desa Pangkatan, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), jadi jadi abu, Jumat dini hari (16/11/2017).

Peristiwa yang meludeskan sedikitnya 9 rumah semi permanen yang berdinding papan di areal perkebunan kelapa sawit itu, diduga akibat arus pendek listrik (korsleting) yang berasal dari rumah Blok A-17 yang dihuni oleh Apriando Sembiring. Untungnya, hingga api dipadamkan, tidak ditemukan adanya korban jiwa.

“Ya, perumahan karyawan PT Togos Gopas ada 9 rumah yang terbakar, korban jiwa nggak ada,” kata M Manik, warga Pangkatan.

Camat Pangkatan, Khairuddin Nasution saat dihubungi membenarkan musibah yang menimpa warganya. “Ya, ada sembilan rumah terbakar, korban jiwa tidak ada, data lengkap nanti disampaikan, masih didata,” sebutnya.

Terpisah, Aiptu A Rumahorbo, personel Subsektor Pos Polisi Pangkatan menjelaskan bahwa kesembilan bangunan rumah telah rata dengan tanah, satu bangunan di antaranya digunakan untuk pos kesehatan, yakni Blok A-13 dan Blok A-18 dalam keadaan kosong.

Adapun nama-nama 7 penghuni perumahan tersebut, yakni Dedek Suwitno (27), Patar Siagian (36), Sudiran (35), Bambang Sucipto (33), Joni Agus Setiawan (32), Apriando Sembiring (28), Yosafat Gea (27).

Menurut Aiptu A Rumahorbo, yang pertama kali mengetahui kejadian tersebut adalah karyawan atas nama Apriando Sembiring yang menghuni Blok A-17 saat tidur di kamar belakang rumahnya dan saat itu terbangun dan melihat kepulan asap di atas asbes.

“Melihat kepulan asap Apriando Sembiring mengecek ke kamar depan dan terlihat dari kamar depan di atas asbes, kepulan api yang membakar asbes dan kayu atap dan selanjutnya korban keluar rumah berteriak kebakaran dan minta tolong kepada tetangga sebelah. Api semakin membesar korban berusaha mengeluarkan barang-barang miliknya begitu juga dengan penghuni perumahan lainnya, dalam tempo 20 menit sebanyak 9 unit perumahan hangus terbakar,” terangnya.

Baca juga
24 Kg Nyangkut, 11 Kg Lolos, Kasat Narkoba Polres Sergai Telepon Polres Labuhanbatu

Tambah dia, bahwa arus listrik untuk penerangan yang dipakai warga setempat menggunakan mesin Genset milik PT Togos Gopas, serta akibat kebakaran tersebut, kerugian diperkirakan sebesar Rp 900 juta. (habibi)

 

Loading...
Web Analytics