Pemindahan Ibukota Israel ke Yerusalem Bisa Picu Perang Dunia III

(foto: Business Insider)

MEDANSATU.COM, AS – Persetujuan Presiden AS, Donald Trump, perihal pemindahan ibukota Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem mengundang kemarahan dunia. Bahkan sikap politik AS ini bisa memicu Perang Dunia Ketiga (PD III), Kamis (7/12/2017).

Terkait kebijakan kontroversial Trump ini, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menggelar sidang darurat. Sidang darurat ini diajukan oleh 8 negara anggota DK PBB, yakni Inggris, Bolivia, Mesir, Prancis, Italia, Senegal, Swedia dan Uruguay.

Negara-negara ini juga meminta Sekjen PBB Antonio Guterres membuka sidang darurat itu dengan pernyataan publik. Guterres sendiri menegaskan, status akhir Yerusalem hanya bisa ditentukan melalui perundingan langsung antara Israel dan Palestina.

Duta Besar Bolivia, Sacha Sergio Llorenty Soliz, menyebut langkah Trump itu sebagai ‘keputusan ceroboh dan berbahaya yang jelas berlawanan dengan hukum internasional, juga resolusi Dewan Keamanan’. “Ini merupakan ancaman tidak hanya bagi proses perdamaian, tapi juga ancaman bagi perdamaian dan keamanan internasional,” sebut Dubes Soliz.

Sebelumnya, selain mengakui secara resmi Yerusalem sebagai ibukota baru Israel, Trump juga memerintahkan pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Loading...
Web Analytics