Menteri Kominfo: BI Larang Bitcoin, Saya Siap Blokir

Ilustrasi Bitcoin. (foto: istimewa)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Kemenkominfo mendukung rencana Bank Indonesia (BI) mengatur transaksi bitcoin. Hal ini menyusul maraknya transaksi bitcoin di Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di sela-sela acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Selasa (12/12/2017). “Saya dukung, kalau dilarang ya saya block, kalau tidak dilarang tidak di-block,” kata dia.

Rudiantara berpendapat, bitcoin merupakan komoditas barang. Menurutnya, bitcoin bukanlah alat transaksi mata uang. “Bitcoin ini kan komoditas barang, bukan alat transaksi denominasi mata uang, bukan digital currency bitcoin kalau menurut saya,” ujar dia.

Dia melanjutkan, akan mengikuti kebijakan BI dalam mengatur transaksi bitcoin. Sejalan dengan itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam memanfaatkan bitcoin.

“Masyarakat kita juga perlu diedukasi, saya meminta tolong teman-teman hati-hati. Kenapa? Karena bitcoin tidak tahu di belakangnya siapa. Dalam arti, komoditas beli, saya tercatat saya membeli, tapi saya membeli tidak ke mana-mana,” tutur dia.

Bank Indonesia (BI) kembali menegaskan bahwa segala macam transaksi yang menggunakan mata uang digital bitcoin tidak diakui di Indonesia.

Loading...
Web Analytics