Pernah Pinjam Uang Cuma Modal KTP? Jangan Lakukan Lagi, Ini Bahayanya!

Ilustrasi. (foto: duitpintar.com)

MEDANSATU.COM, Medan – Pernah pinjam uang cuma modal KTP? Jangan lakukan lagi, bahaya akibatnya.

Belakangan banyak lembaga keuangan yang meminjamkan uang hanya dengan syarat KTP, tanpa agunan dan syarat lain.

Pinjaman dengan model ini menyediakan plafon pinjaman yang kecil, sekitar Rp 1 juta-Rp 3 juta. Tempo pinjamannya juga singkat. Paling lama 30 hari.

Seperti dilansir dream.co.id dari duitpintar.com yang dikutip medansatu.com, Minggu (24/12/2017), pinjaman seperti ini biasanya menerapkan biaya layanan pengganti bunga karena dana harus dikembalikan utuh saat jatuh tempo dan temponya hanya sebulan.

Misalkan seseorang meminjam uang Rp 3 juta dan tenor pinjaman Rp 1,04 juta. Jadi, peminjam harus mengembalikan uang Rp 4,04 juta. Bunganya mencekik, yaitu 34,77 persen.

Perbankan juga melayani pinjaman kredit tanpa agunan (KTA) secara online. Ada seseorang yang meminjam uang sebesar Rp5 juta dan tempo pinjaman sebesar 11,4 persen per tahun atau 0,95 persen per bulan.

Nilai bunga setahun sebesar Rp 570 ribu dan per bulannya sebesar Rp 47.500. Pokok pinjamannya sebesar Rp416.666. Cicilan yang dibayarkan peminjam itu pokok pinjaman plus bunga dan cicilan yang harus dibayar sebesar Rp 464.166. Total pinjaman yang harus dilunasi peminjam ini sebesar Rp 5,57 juta.

Bagi orang yang berpenghasilan rendah, angsuran ini masih aman, misalnya untuk orang yang berpenghasilan Rp 3,5 juta. Jika dia memilih pinjaman dengan tempo cepat, uang yang harus dikeluarkan sebesar Rp 4,04 juta. Uang yang harus dikembalikan lebih besar daripada penghasilannya.

Terdesak dengan kebutuhan pinjaman dana dalam waktu cepat memang sering membuat gelap mata, apalagi ini menyangkut utang. Jadi, jangan gegabah dan buru-buru. Sebelum mengajukan pinjaman, lebih baik periksa dulu pemberi pinjamannya, apakah dia aman, legal, dan ada tambahan biaya yang wajar atau tidak.

Yang paling penting, harus tetap menghitung besar cicilan, apakah sudah sesuai dengan kemampuan? Jangan sampai malah terjerat utang. (sumber: duitpintar.com/dream.co.id)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...