Dramatis! Kisah Penangkapan Tersangka Pembunuh Tjie Sun Sekeluarga, Sempat Tebar Ancaman…

Salah seorang tersangka saat ditangkap di Bandara Kualanamu. (foto: istimewa)

MEDANSATU.COM, Medan – Dua tersangka pembunuhan sadis pengusaha Tionghoa asal Medan, Tjie Sun alias A Sun, dan keluarganya di Jalan Tgk Malem Muda, Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, yang ditangkap di Bandara Kualanamu, diterbangkan ke Aceh, Kamis (11/1/2018).

Kedua tersangka adalah IWM alias Rdw (22), warga Gampong Paya Seumantok, Kecamatan Krueng Sabe, Kabupaten Aceh Jaya, dan Sfz (43), warga Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Sumatera Utara (Sumut).

Mereka ditangkap petugas Sat Reskrim Polresta Banda Aceh dibantu Polres Deli Serdang dan Polda Sumut di Lantai I Bandara Kualanamu, Rabu petang (10/1/2017), atau kurang dari 2×24 jam setelah pembunuhan sadis itu terungkap.

Kasatreskrim Polresta Banda Aceh AKP Muhammad Taufik mengatakan, pengejaran kedua tersangka dilakukan sejak Selasa (9/1/2018). “Untuk keterlibatan saudara Sfz, masih dalam pemeriksaan,” katanya.

Penangkapan para pelaku berawal dari penggeledahan rumah kontrakan para tersangka, namun saat itu mereka telah melarikan diri. Kemudian didapat kabar, tersangka berada di Gampong Johan Pahlawan, Kecamatan Johan, Kabupaten Aceh Barat. Namun saat petugas tiba di lokasi, tersangka sudah pergi.

Petugas kemudian mendapat informasi tersangka berada di Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). “Saat tim tiba di sana, ternyata didapat informasi tersangka telah berada di Medan,” terangnya.

AKP Muhammad Taufik mengatakan, timnya langsung bergerak ke Medan. Kemudian pada Rabu petang, didapat kabar tersangka telah berada di Bandara Kualanamu. Koordinasi kemudian dilakukan dengan Polres Deli Serdang dan Polda Sumut, hingga akhirnya tersangka berhasil ditangkap. “Pukul 18.00 WIB terduga pelaku berhasil diamankan dan dibawa ke Polres Deli Serdang,” jelasnya.

Sementara itu, sebelum menghabisi Tjie Sun alias A Sun dan keluarganya, tersangka Rdw alias IWM sempat mengunggah tulisan bernada ancaman di akun Facebooknya. “Aku bisa menjadi Teman Yg Baik, Sahabat Yg Baik, Pacar Yg Baik, Bahkan Musuh Yg Paling BERBAHAYA…Tergantung Bagaimana Caramu….. memperlakukan Ku…!,” tulisnya.

Baca juga
Otorita Asahan 'Bagi-bagi' Lahan 1.400 Hektar, Gubernur Langsung Minta 'Jatah' Pemprov Sumut
(foto: facebook)

Sebelumnya diberitakan, A Sun (48) ditemukan tewas dengan luka bacokan leher di gudang. Sedangkan istrinya, Minarni (40) ditemukan tewas tanpa busana dengan bekas cekikan di leher. Sementara anakanya, Callietos NG (8), ditemukan tewas dekat mayat ibunya dengan luka bacokan di leher. (*/bbs)

Loading...
Web Analytics