Menghilang 10 Tahun Lebih, TKW Akhirnya Ditemukan, Jawaban Suneni Bikin Ngurut Dada…

MEDANSATU.COM, Jakarta – Selama 10 tahun menghilang di Arab Saudi, Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Cirebon, Suneni Murti Warsudi, akhirnya ditemukan. Penyebab ‘hilangnya’ Suneni bikin orang mengurut dada…

Lebih dari sepuluh tahun, Suneni menghilang. Selama ini tak ada komunikasi dengan keluarganya. Namun akhirnya, wanita itu ditemukan dan dipulangkan dari Jeddah, Arab Saudi, pada 6 Januari 2018 lalu.

Suneni berangkat ke Arab Saudi pada 2006 dan bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) pada sebuah keluarga di Kota Jizan, 680 Km dari Jeddah. Saat berangkat, usianya masih 18 tahun. Namun di paspor, usianya dibuat lebih tua dari yang sebenarnya.

Awalnya ia sempat berkirim kabar kepada keluarga di Tanah Air, tapi setelah itu hilang kontak. Dari pengakuan Suneni, nomor yang sebelumnya bisa dihubungi sudah tidak aktif lagi.

Sejak itu, tidak ada komunikasi lagi antara dia dan keluarganya yang beralamat di Desa Sarabau, Kecamatan Plered, Cirebon. Akhirnya Suneni berhasil ditemukan saat dia ditemani majikannya untuk mengurus penggantian paspor yang masa berlakunya habis sejak 2009.

Sejak datang ke Arab Saudi, perempuan yang mengaku hanya tamatan sekolah dasar ini tidak pernah mengganti paspor. Saat diwawancarai petugas imigrasi mengapa ia tidak mengganti paspor dalam jangka waktu yang begitu lama, jawaban Suneni mencurigakan.

Loading...
loading...
Loading...
Loading...