Ini yang Ditawarkan Dubes Turki Saat Bertemu Gubernur Sumut

Duber Turki dan rombongan disambut Gubernur Sumut. (foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDANSATU.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi, menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia, Mehmet Kadri Sander Gurbuz, di lantai 10 Kantor Gubernur Sumut, Medan, Senin (19/3/2018).

Dubes Turki untuk Indonesia tersebut menawarkan kerjasama bidang ekonomi dan infrastruktur di Sumut. Hadir mendampingi Dubes Turki, Konsul Kehormatan Turki di Medan Rahmat Shah.

Dubes menyebutkan, kerjasama yang diminati tersebut ada diberbagai bidang termasuk sektor energi, pariwisata, pendidikan, perdagangan ekspor dan impor, serta pembangunan infrastruktur.

Dari sektor energi, Turki menawarkan bentuk kerjasama energi panas bumi (Geothermal), di mana memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber energi listrik karena Indonesia mempunyai 65% potensi geothermal.

Untuk sektor pariwisata, Turki sebagai negara yang mampu mendatangkan 35 juta wisatawan untuk berkunjung, sangat tertarik bekerjasama dalam pembangunan kawasan Danau Toba.

Di sektor pendidikan, Turki mempunyai program pertukaran pelajar dan pemberian beasiswa kepada para mahasiswa baik universitas negeri maupun swasta. Dalam bidang perdagangan ekspor impor, kelapa sawit dan karet sebagai bahan baku hampir di 95% industri di negara ini.

Loading...
loading...
Loading...
Loading...