Aliansi Masyarakat Taput Minta ASN dan Kepala Desa Netral

Aksi Massa menuntut ASN yang terlibat dalam kampanye salah satu Paslon agar ditindak tegas. (bisnur sitompul/medansatu.com)

MEDANSATU.COM, Taput – Menyikapi adanya temuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala desa serta perangkatnya di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) yang terlibat langsung dalam kampanye, Aliansi Masyarakat Tapanuli Utara Peduli Pilkada 2018 menggelar demo, Rabu (21/3/2018).

Mereka menuntut agar ASN dan kepala desa serta perangkatnya bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018.
Aksi ini melibatkan mpuluhan pemuda. Mereka berjalan kaki mendatangi kantor Inspektorat Pemkab Taput, Sumatera Utara (Sumut), dengan mendapat pengawalan dari aparat Polres Taput.

Melalui oratornya Manto Pasaribu, mereka menuntut agar Inspektorat bersikap tegas terhadap ASN terkait dalam Pilkada Taput sesuai dengan ketentuan UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN, PP No. 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan UU Desa No. 6 tahun 2014.

Usai berorasi, mereka hanya diterima sejumlah staf Inspektorat yang mengatakan akan menyampaikan tuntutan mereka kepada pimpinan.

Massa kemudian mendatangi Kantor DPRD Taput. Kedatangan mereka disambut Ketua DPRD Taput Ir Ottoniyer Simanjuntak didampingi anggita DPRD Jonggi Lumbantobing.

Ottoniyer mengatakan, aksi ini merupakan masukan berharga bagi DPRD. Sesuai dengan surat Menpan RB, ASN harus Netral dalam Pilkada.

“Kami tidak akan diam dan tidak akan tutup mata. Persoalan ini akan kami tindaklanjuti dalam rapat komisi nanti,” tegasnya.

Loading...
loading...
Loading...
Loading...