Diduga Tak Netral, 8 Oknum ASN Dilaporkan ke Panwaslih Taput

Tim pemenangan JTP-FRENDS menggelar konfrensi pers dugaan ketidaknetralan 8 oknum ASN. (bisnur sitompul/medansatu.com)

MEDANSATU.COM, Taput – Diduga tak netral, 8 oknum aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), dilaporkan ke Panwaslih.

Mereka dilaporkan oleh Tim Pemenangan Paslon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2 DR Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat SSi MSi dan Frengki Simanjuntak SE MSi (JTP-FRENDS).

“Aksi atau kegiatan 8 oknum ASN ini tergolong masif dan terang-terangan melakukan pelanggaran undang-undang,” kata Ketua Harian Pemenangan JTP-FRENDS, David PPH Hutabarat ST dalam konferensi pers di Tarutung, Selasa petang (27/3/2018).

David kemudian menyebutkan nama-nama oknum ASN yang diduga melakukan pelanggaran undang-undang tersebut. Dia juga mengatakan, mereka akan melaporkan para oknum tersebut ke Komisi ASN.

“Semua temuan sudah dilaporkan ke Panwaslih, dan akan ditindaklanjuti kepada Plt Bupati Taput Dr Mauliate Simorangkir MSi. Kami berharap agar ada tindakan tegas dari Plt Bupati. Untuk data pendukung sudah lengkap baik foto, video dan keterangan saksi”, jelasnya.

Di tempat yang sama, Tim Advokasi M Yasir Silitonga SH MH mengatakan, para oknum tersebut telah melanggar PKPU No. 4 tahun 2017, UU NO. 10 tahun 2016, PP No. 11 tahun 2017, PP No. 42 tahun 2004, PP No. 53 tahun 2010, Surat Edaran KASN No. B-2900/KASN/11/2017 tanggal 10 November 2017 dan Surat Edaran Menpan RB No. B-71.M.SM.00.00/2027 tanggal 27 Desember 2017 tentang pelaksanaan Netralitas ASN.

“Banyak ditemukan (dugaan) ketidaknetralan ASN, kepala desa, jajaran BUMD. Mereka terlibat dalam orasi politik dengan mengarahkan dan bahkan intimidasi ASN kepada perangkat desa. Kita meminta plt Bupati Taput melalui KASN agar ditindak tegas sesuai UU yang berlaku,” tegasnya.

Ditambahkannya, pihaknya telah melampirkan bukti-bukti otentik terkait dugaan ketidaknetralan oknum ASN tersebut. “Saya tegaskan kembali bahwa untuk data pendukung sudah lengkap. Baik foto, video dan keterangan saksi,” ujar M Yasir Silitonga SH MH di hadapan puluhan wartawan.

Baca juga
Partai Hanura Tebing Tinggi Buka Pendaftaran Bacaleg, Gratis Lho!

Terpisah, Arthur Simanungkalit, Divisi Penindakan Panwaslih Kabupaten Taput mengakui adanya laporan Tim JTP-FRENDS tersebut.

“Betul, ada laporan masuk ke Panwaslih Taput kemarin. Beberapa oknum ASN dilaporkan pihak JTP-FRENDS. Semua laporan tersebut masih diproses. Kita telah menerima beberapa bukti berupa rekaman foto dan video. Masih kita proses ya, dan belum bisa kita publis,” terang Arthur. (bisnur sitompul).

Loading...
loading...
Loading...
Loading...