Sihar Sitorus: Sorake Aset Pariwisata Untuk Membangun Nias Selatan

Sihar Sitorus didampingi istri Patricia Siahaan berbincang dengan para peselancar di Sorake, Nias Selatan. (foto: istimewa)

“Ombak sangat bagus untuk selancar. Selain itu Pantai Sorake ini sangat unik karena tidak ditemukan pasir yang melandai, dimana pantai pada umumnya, yang ada adalah batu karang yang bertebaran. Terumbu karang yang ada di pantai ini sangat indah untuk dipandang,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima medansatu.com, Rabu (11/4/2018).

Calon yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menambahkan, pariwisata tersebut juga harus berkontribusi langsung kepada masyarakat. Contohnya masyarakat harus dibina dan dikembangkan untuk mengelola homestay, menyediakan fasilitas pariwisata lain, seperti pusat jajanan dan souvenir. Serta terbuka kepada pendatang.

(foto: istimewa)

Di sisi lain, jika masyarakat sudah menerima dampak langsung, maka mereka juga akan tumbuh bersama dengan investor. Contohnya jika ada hotel, maka tidak dianggap sebagai kompetitor melainkan sebagai mitra pengembangan pariwisata. “Dan ini menarik, karena anak-anak di sini juga sudah pandai berselancar dan dapat memandu wisatawan,” katanya.

Dolin Way yang merupakan pelaku usaha di Sorake mengatakan bahwa gagasan Sihar Sitorus dinilai sangat tepat untuk pengembangan pariwisata. Saat ini mereka terus berjuang untuk pengembangan-pengembangan yang dapat menunjang pariwisata di daerah ini. Termasuk pengembangan bakat-bakat lokal.

“Namun hal itu tentunya harus tetap didukung dengan sarana dan parasana yang baik. Akses yang baik dan pendukung pelayanan pariwisata yang baik juga. Kita yakin itu akan terwujud nantinya,” katanya. (rel/hendrix)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...