Sejumlah Titik Longsor Terpantau di Taput, Ini Imbauan Kapolres…

(medansatu.com/bisnur sitompul)

MEDANSATU.COM, Taput – Tingginya curah hujan tiga hari terakhir mengakibatkan sejumlah titik jalan di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sumut, longsor. Warga dan penggunaan jalan diminta agar waspada bila melintas di daerah rawan longsor.

Pantauan medansatu.com, seperti di Jalan Tarutung-Sipirok Km 7, tepatnya di Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatas Barita, Taput. Badan jalan yang berada di sisi tebing tertimpa longsoran tanah, batu dan kayu, Selasa (24/4/2018).

Bahkan satu unit rumah juga tertimpa material longsoran. Tidak ada korban jiwa karena kejadian itu, namun rumah tersebut mengalami rusak berat.

Akibat longsor di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tersebut, sempat kemacetan panjang hingga puluhan kilometer dari dua arah. Petugas dari Polres Taput dan TNI kemudian melakukan pengamanan di lokasi.

Sejumlah alat berat dibantu warga sekitar dan Kepala Desa Pansurnapitu, Tongam Sibarani, secara bergotong-royong membersihkan material longsoran dari badan jalan. Setelah jalan dibersihkan dari longsor, akhirnya jalan tersebut telah dapat dilewati kendaraan.

Di lokasi lain, di Jalan Tarutung-Sipahutar, tepatnya di Hite Tano, Desa Hutagurgur, Kecamatan Sipahutar, juga terjadi tebing longsor. Akibatnya, tanah, batu dan kayu menutupi badan jalan.

Demikian juga di Jalan Tarutung-Sibolga KM 10, tepatnya di Desa Sitarealaman.  Di sini, hal yang sama juga terjadi. Tanah longsor dan bebatuan juga menutupi badan jalan, sehingga pengguna jalan sempat terhenti menunggu petugas membersihkan jalan.

Kapolres Taput AKBP Horas M Silaen SPsi MPsi melalui Kasubbag Humas Aiptu W Baringbing, kepada medansatu.com mengatakan, ada sejumlah titik rawan longsor di Taput yang mengganggu pengguna jalan.

Seperti ruas jalan Tarutung-Sibolga, Tarutung-Sipirok menuju Tapsel dan Tarutung-Sipahutar-Pangaribuan-Garoga.

“Kita mengimbau agar pengguna jalan dan masyarakat yang berada di tempat rawan longsor, agar hati-hati dan selalu meningkatkan kewaspadaannya,” ujar Aiptu W Baringbing. (medansatu.com/bisnur sitompul)

Loading...
loading...
Loading...