Mendadak, Warga Tebing Tinggi Panen Ikan di Sungai Padang, Ternyata…

Warga di pinggir Sungai Padang panen ikan sungai yang tercemar limbah. (medansatu.com/iyan)

MEDANSATU.COM, Tebing Tinggi – Mendadak, warga Kota Tebing Tinggi ‘panen’ ikan di Sungai Padang. Ribuan ikan dari berbagi jenis di sungai yang membelah kota itu tiba-tiba saja muncul ke permukaan dan mati.

Informasi yang dihimpun medansatu.com, Senin (14/5/2018), matinya ribuan ikan tersebut diduga akibat limbah pabrik yang dibuang sembarangan ke sungai. Sementara ratusan warga di sepanjang sungai panen ikan hingga berkeranjang banyaknya.

Warga dari mulai anak-anak hingga orang tua turun ke dalam sungai untuk menangkap ikan menggunakan tangguk dan jaring. Bahkan warga ada yang menangkap ikan menggunakan tangan. Ikan yang didapat umumnya ikan mas, paitan, lemeduk, sibaro, patin, tampah dan ikan baung.

Sejumlah warga mengatakan, awalnya air sungai menjadi kehitaman. Tak lama kemudian, ribuan ikan muncuk ke permukaan. “Baru kali ini ikan di Sungai Padang Tebing Tinggi ini mabuk. Ya, ikannya dikonsumsi sendiri aja,” ujar Subur, salah seorang warga. Pemandangan lain, ada warga yang mendapat ikan tampah dengan berat 40 Kg.

Zulfan (38), warga Jalan Bulian, Kota Tebing Tinggi, mengaku terkejut dengan kejadian mabuknya ribuan ikan dari Sungai Padang. Ia pun mengutuk keras perusahaan yang membuang limbah sembarangan ke Sungai Padang.

“Akibat limbah ini, ribuan ikan mati dan ekosistem sungai jadi buruk, untuk mengembalikan kehidupan ikan-ikan di Sungai Padang butuh waktu puluhan tahun,” katanya.

Warga di pinggir Sungai Padang panen ikan sungai yang tercemar limbah. (medansatu.com/iyan)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...