21 Warga dan 13 Pelaku Tewas, Ini Jenis Bom Pelaku Teror Surabaya…

Screenshot rekaman CCTV ledakan bom di pos penjagaan Polrestabes Surabaya. (foto: istimewa)

MEDANSATU.COM, Jatim – Rentetan ledakan teror bom di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Minggu kemarin (13/5/2018) dan hari ini, Senin (14/5/2018), menyebabkan 34 korban tewas. Sebanyak 21 merupakan warga, sisanya sebanyak 13 orang adalah pelaku.

Polisi juga telah berhasil mengidentifikasi bom yang digunakan para pelaku. Semuanya jenis bom pipa yang sama. Bahan peledaknya pun sama, yakni triacetone triperoxide (TATP) yang termasuk high explosive.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam konferensi pers di Mapolda Jatim mengatakan, bom jenis ini lekat dengan kelompok ISIS dan dijuluki ‘The Mother of Satan’.

“Semua orang ini (pelaku teror Surabaya) ditemukan bom yang sama. Karena bahan yang terkenal di ISIS sering berbicaranya ‘the mother of satan’. Ibu dari setan,” ujar Kapolri.

“Mereka membuat bom dengan bahan dasarnya bahan peledak yang sangat dikenal di Kelompok ISIS dari Suriah yang dibuat dari bahan-bahan mudah diperoleh, tapi diramu sedemikian rupa dengan bahan-bahan lain yang kemudian bubuknya jadi serbuk putih yang jenis high explosive,” terangnya.

Sementara Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin merilis jumlah korban tewas. Menurutnya, ada 21 warga dan 13 pelaku yang menjadi korban.

Loading...
loading...
Loading...
Loading...