41 Titik Rawan Macet Teridentifikasi di Jalur Mudik Sumut

Kemacetan di Medan pada jam sibuk. (medansatu.com/ist)

MEDANSATU.COM, Medan – Sebanyak 41 titik rawan macet saat arus mudik Idul Fitri 1439 H atau lebaran teridentifikasi oleh Polda Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, 41 titik rawan kemacetan tersebut meliputi wilayah hukum Polrestabes Medan sebanyak 4 titik, Binjai 3 titik, Tebing Tinggi 3 titik, Langkat 1 titik, Simalungun 1 titik, Asahan 1 titik dan Labuhanbatu 6 titik.

Kemudian, wilayah Polres Tanah Karo sebanyak 6 titik, Tapanuli Utara (Taput) 1 titik, Dairi 2 titik, Belawan 3 titik, Padang Sidimpuan 1 titik, Tanjung Balai 2 titik, Tapanuli Selatan (Tapsel) 2 titik, Sibolga 1 titik serta Samosir 1 titik. “Keseluruhannya ada 41 titik rawan kemacetan di wilayah sumut,” ucapnya Selasa (5/6/2018).

Untuk mengantisipasinya, lanjut Tatan, selain mengerahkan personel dari Ditlantas, Polda Sumut juga akan dibantu dari petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dari masing-masing kabupaten/kota untuk mengurai jalur-jalur kemacetan.

“Sebanyak 7.759 personel nantinya yang dilibatkan dalam pengamanan lebaran. Tidak hanya dari Ditlantas tapi juga dari Dishub,” sebutnya.

Sebelumnya, Tatan menyampaikan, untuk pengamanan lebaran selain polisi, operasi ini juga akan melibatkan unsur lain sebesar 2.088 personel. Jumlah ini berasal dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga, Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran, dan juga Pramuka.

Tak hanya itu, sambung Tatan, sebanyak 102 pos pengamanan pun akan didirikan. Pos ini sebagian besar berada di Polres-Polres, begitu juga ada sebanyak 33 pos pelayanan dan pos terpadu.

Tatan mengimbau, agar masyarakat dapat berhati-hati dalam melaksanakan mudik nanti. Sebab, Polda Sumut mencatat, terdapat sebanyak 54 lokasi rawan longsor, 33 lokasi rawan banjir, 77 lokasi rawan kecelakaan lalulintas, serta 41 lokasi rawan macet di Sumut. (medansatu.com/mira)

Loading...
loading...
Loading...