Lho! Pemerintah Kucurkan Rp20 Miliar Untuk Dandani Janda Gatal

Salah satu sudut Danau Janda Gatal yang ditumbuhi semak dan tanaman air. (MEDANSATU.COM/ranahriau)

MEDANSATU.COM, Riau – Si Janda Gatal Riau sedang didandani oleh pemerintah. Dana sebesar Rp20 miliar pun dikucurkan untuk ‘mempermak’ si janda agar tampil cantik dan menarik. Dana itu ditanggung dalam APBD Pemkab Rokan Hilir (Rohil) 2016.

Jangan ngeres dulu…! Janda Gatal adalah nama danau air tawar seluas 13 hektar di Kecamatan Bangko yang menjadi lokasi wisata. Danau penghasil ikan air tawar ini akan dipercantik agar banyak wisatawan yang datang berkunjung.

“Jika danau yang melegenda ini dibenahi, ekonomi masyarakat sekitar pun akan terdongkrak, karena akan banyak wisatawan yang datang berkunjung,” kata Bupati Rohil, Suyatno saat meninjau danau tersebut, kemarin.

Menurutnya, Detail Enginering Desaind (DED) telah selesai dibuat. “Nanti bakal ada jembatan yang menghubungkan antar titik di tengah danau. Pinggirannya juga akan dikeruk dan dibeton, wisatawan yang datang ke Bagan Siapiapi pasti tertarik singgah kemari,” tambahnya.

Kenapa danau ini dinamakan janda gatal? Ada banyak cerita versi masyarakat setempat. Satu di antaranya, dahulu di sekitar danau pernah tinggal seorang janda. Selama ini ia tak pernah menggunakan air danau untuk mandi. Namun saat musim kering tiba, sumber air pun mengering. Si janda pun terpaksa menggunakan air danau untuk mandi. Nah, setelah mandi si janda menjerit karena tubuhnya gatal-gatal. (msc)

loading...
loading...
Loading...