Medan-Parapat Hanya 2 Jam, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi-Siantar-Parapat-Sibolga Rampung

Ilustrasi. (medansatu.com/ist)

MEDANSATU.COM, Jakarta – Menteri Pariwisata Arif Yahya membeberkan progres pembangunan infrastruktur untuk mendukung Danau Toba sebagai Monaco Of Asia atau sama seperti Bali, Senin (15/2/2016).

Menurutnya, jalan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi-Parapat-Sibolga diharapkan segera selesai. Saat ini kondisinya telah 82 persen.

Jika jalan tol tersebut rampung dibangun, maka jarak Medan-Parapat bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. “Ini bisa segera rampung, kalau semua orang Batak mendukung, jangan berantem terus,” katanya.

Menurutnya, sesuai ekspos Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PU-PERA) bulan April 2016 ini jalan tol ruas Medan-Kualanamu-Tebingtinggi selesai dibangun.

Lalu, dilanjutkan dengan ruas Tebingtinggi-Siantar-Parapat-Sibolga yang pembangunannya dimulai pada 2017. Tak cuma itu, selain pembangunan jalan tol, jalan arteri Tebingtinggi-Siantar-Parapat juga akan diperlebar.

Selain pembangunan jalan, pembangunan Bandara Sibisa di Ajibata, Toba Samosir (Tobasa) dan Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput), juga akan dilakukan.

Lebar dan panjang runway akan ditambah sehingga bisa didarati pesawat berbadan besar. Tak hanya pesawat dari Bandara Kualanamu, pesawat komersil dari sejumlah negara juga bisa mendarat.

Sehingga akses turis asing menuju kawasan Danau Toba akan semakin mudah. Menteri Arif mengatakan, soal ini juga telah dipaparkan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan. “Seluruh proses pembangunan dari dan ke kawasan Danau Toba diprediksi akan selesai pada 2019,” tegasnya. (msc/bbs/jpnn)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...