Keren! Shampo Herbal Ciptaan Siswi SMA Safiyatul Amaliyah Medan Jadi Jawara di Malaysia Expo…

Annisya Azzahra Nasution, siswi Kelas X SMA Safiyatul Amaliyah saat memberikan penjelasan kepada wartawan. (medansatu.com/angga)

MEDANSATU.COM, Medan – Keren! Siswi SMA Yayasan Safiyatul Amaliyah Medan berhasil menciptakan Shampo herbal dengan bahan tumbuhan yang banyak terdapat di halaman rumah warga. Menariknya, shampo racikan tangan ini jadi jawara di Malaysia Teknologi Expo 2018. GESER UNTUK LIHAT VIDEONYA DI BAWAH

“Ini berawal dari coba-coba saat melihat daun mangkok-mangkokan yang tumbuh di halaman sekolah, lalu diteliti di laboratorium sekolah, ternyata daun tumbuhan ini mengandung zat yang baik untuk pertumbuhan dan penyuburan rambut,” kata Annisya Azzahra Nasution, siswi Kelas X SMA Safiyatul Amaliyah, mewakili teman-temannya, Kamis (1/3/2018).

Dari hasil laboratorium itu, Annisya dan teman-temannya kemudian meracik shampo herbal tersebut. Daun mangkok-mangkokan yang telah dicuci bersih lalu diblender untuk diambil sarinya melalui pemerasan sederhana.

Air hasil ekstrak daun tersebut kemudian dicampur dengan air ekstrak merang padi yang dibakar menggunakan spirtus. Pencampuran ini dilakukan karena hasil bakaran merang padi berkhasiat menghitamkan rambut. “Proses pencampuran sekitar 2 jam. Setelah pencampuran selesai, lalu dikemas dalam botol dan bisa digunakan,” tambahnya. INI VIDEONYA:

“Daun mangkok-mangkokan untuk pertumbuhan dan memperkuat rambut agar tidak rontok, kalau serbuk padi untuk menghitamkan rambut. Kami sudah mencoba dan hasilnya bagus, terasa dingin bila dipakai,” sebutnya.

Pihak sekolah berencana mempatenkan shampo ini ke Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan dan mendaftarkannya ke LP-POM MUI untuk mendapatkan label halal. (angga)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...