Kapal Turis China Tenggelam, 49 Hilang, 8 Tewas…

Sebagian turis China yang berhasil diselamatkan. (foto: afp)

MEDANSATU.COM – Kapal pengangkut turis China, Phoenix, tenggelam. Sebanyak 49 orang dinyatakan hilang, 48 berhasil selamat, dan 8 korban tewas ditemukan.

Kapal yang mengangkut 105 penumpang tersebut tenggelam di perairan Phuket, Thailand. Saat ini, Jumat (6/7/2018), para penyelam Angkatan Laut (AL) Thailand dan SAR setempat masih melakukan pencarian korban.

Total turis China yang belum ditemukan berjumlah 56 orang. Kapal tersebut tenggelam pada Kamis petang (5/7/2018) setelah dihantam ombak besar setinggi 5 meter.

Gubernur Phuket, Noraphat Plodthong kepada para wartawan mengatakan, para korban hilang diduga terperangkap di dalam kapal. “Saya berharap sebagian dari mereka ditemukan selamat, karena saya belum menerima laporan orang-orang yang mengapung di laut,” katanya.

Saat kejadian kapal tersebut baru saja bertolak dari tempat snorkelling populer Koh Racha untuk kembali ke Phuket.

Angkatan Laut Thailand menyatakan, kapal tersebut tenggelam pada kedalaman sekitar 40 meter, beberapa kilometer dari Koh He, sebuah pulau kecil yang dikenal akan formasi karangnya.

“Para penyelam Angkatan Laut, penjelajah katak dan para penyelam polisi laut telah dikirimkan ke lokasi. Helikopter-helikopter akan mencari mereka yang mungkin mengapung,” ujar Wakil Komandan Angkatan Laut Thailand wilayah selatan, Laksamana Muda Charoenphon Khumrasee.

Sejauh ini baru 8 mayat korban yang ditemukan, 49 penumpang lainnya masih hilang. “Tim pencari Angkatan Laut menemukan satu orang tewas kemarin dan tujuh orang tewas pagi tadi,” kata juru bicara pemerintah provinsi Phuket Busaya Jaipiem.

(sumber: afp/southmorningchina/detik)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...