Ngeri, Asteroid Tengkorak Dekati Bumi November 2018

Penampakan asteroid Tengkorak. (foto: space.com)

MEDANSATU.COM – Ngeri, asteroid tengkorak akan mendekati bumi pada November 2018 mendatang. Sesuai namanya, benda angkasa ini memang berbentuk seperti tengkorak. Tak cuma kali ini, pada 2015 asteroid ini juga pernah mendekati orbit bumi.

Para ilmuwan menilai, asteroid aneh ini sepertinya datang dari zaman kegelapan karena berbentuk tengkorak dan membuat para ilmuwan sedikit takut mengenai bentuknya. Meski terdengar berlebihan, namun melihat bentuk asteroid tersebut yang benar-benar penuh dengan kegelapan.

Melansir space.com, Kamis (6/9/2018), astronom memperkirakan asteroid ini melakukan satu kali rotasi setiap 2,94 jam. Hal itu mengakibatkan asteroid hanya memantulkan lima sampai enam persen cahaya Matahari yang mengenainya.

Asteroid tengkorak ini mempunyai kode TB 145. Asteroid dengan bentuk menakutkan tersebut pernah mengorbit cukup dekat dengan Bumi yaitu pada jarak 480 ribu kilometer pada tanggal 31 Oktober 2015.

Sebagai perbandingan, jarak bulan ke Bumi adalah sekitar 384 ribu kilometer. Itu berarti asteroid hanya lebih jauh sedikit daripada Bulan dalam skala luar angkasa dari Bumi.

Ukuran asteroid tengkorak cukup besar yaitu berukuran 640 meter. Refleksi sinar Matahari yang tak mencapai 10 persen membuatnya sangat gelap.

 

(sumber: space.com/hitekno.com)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...