Pemkab Kepahiang Tiru Keberhasilan Sergai Bina UKM dan KLA

Wabub Sergai Darma Wijaya memberikan cendramata kepada Wabub Kepahiang. (medansatu.com/one)

MEDANSATU.COM, Sergai – Pemkab Kepahiang, Bengkulu, ingin meniru keberhasilan Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumut, dalam membina Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan kabupaten layak anak (KLA).

Keinginan tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Kepahiang, Neti Herawati SSos dalam sambutannya saat melakukan studi tiru ke Pemkab Sergai yang di terima Wabub Sergai, Darma Wijaya, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis Sore (13/9/2018).

“Kami takjub karena ada beberapa program prioritas yang sudah diimplementasikan di sini. Demikian juga Sergai telah mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) hingga 4 (empat) kali berturut-turut,” kata Herawati.

“Sedangkan Kepahiang masih dalam tahap peyusunan perdanya. Oleh karena itu, studi tiru ini kami lakukan di sini, karena kami ingin tahu inovasi apa yang telah Sergai lakukan sehingga mendapatkan prestasi tersebut,” paparnya.

Selain keperluan studi banding, ini merupakan kunjungan balasan kami terhadap kunjungan yang pernah dilakukan oleh Pemkab Sergai ke Kabupaten Kepahiang, beberapa tahun silam. “Semoga jalinan kerjasama dan silaturahmi ini tetap berjalan dengan baik serta mendapat wawasan ilmu dan pengetahuan,” tambahnya.

Sebelumnya Wabup Sergai H Darma Wijaya mengatakan, Sergai memiliki luas areal perkebunan 100.000 hektar dan luas persawahan 400.000 hektar terbagi dalam 17 kecamatan dan 237 desa serta 6 kelurahan dengan jumlah penduduk lebih kurang 650 ribu jiwa.

“Kini apa yang bisa kita tiru, ya kita tiru dan apa yang bisa kita ambil, kita ambil, sehingga kita saling bertukar pendapat, sebab kita di sini bukanlah studi banding melainkan studi tiru. Hal ini akan menjadi sebuah kemajuan daerah kita dan apa yang kira-kira diperlukan kami siap melanyani,” ujarnya.

Di sisi lain, setelah selesainya pembangunan jalan tol Medan-Tebingtinggi membuat UKM yang ada di Sergai mulai redup, masyarakat pengrajin UKM juga mulai gelisah.

Baca juga
Tutup GSI 2018, Ini Pesan Soekirman Untuk Sang Juara...

“Namun untuk menyikapi hal tersebut kami dari Pemkab Sergai akan membangun rest area yang akan ditempati para UKM khas Sergai dan beragam restoran dengan olahan makanan khas daerah kita juga,” terangnya. (medansatu.com/one)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...