Persiapan BPNT, Pengelola E-Warong Tebing Tinggi Dilatih Manajerial

(medansatu.com/iyan)

MEDANSATU.COM, Tebing Tinggi – Sebanyak 12 pengelola kube jasa E-Warong di Kota Tebing Tinggi dari struktur Ketua, Sekretaris dan Bendahara, mendapatkan pelatihan keterampilan berusaha bagi keluarga miskin tahap I. Acara digelart di Aula Dinas Sosial, Jalan Gunung Lauser, Kota Tebing Tinggi, Senin (8/10/2018).

Pelatihan kepada pengelola kube jasa E Warong ini dilaksanakan untuk persiapan pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang akan dilaksanakan oleh pihak Kementerian Sosial (Kemensos) RI pada November 2018 untuk membantu warga dalam pengentasan kemiskinan di wilayah Kota Tebing Tinggi.

Untuk wilayah Kota Tebing Tinggi penerima beras sejahtera (rastra) sebanyak 8.179 kepala keluarga (KK) dan nantinya ini yang akan mendapatkan program BPNT yang tidak tunai dengan digantikan melalui kartu komboi, di mana pihak pemerintah memberikan Rp 110 ribu per bulan. Dana ini bisa dibelanjakan untuk beras dan telur di Kube Jasa E-Warong yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Tebing Tinggi, M Syah Irwan MKes mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan selama seminggu terhitung tanggal 8-13 Oktober 2018.

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan pengelola Kube Jasa E-Warong yang ada dalam mengembangkan pembukuan, pengelolaan dan memajukan kube jasa E-Warong untuk menjadi usaha yang berkembang dengan kewirausahaan yang ada,” katanya.

Sambungnya, dalam pengembangan kube jasa E-Warong yang sebelumnya sudah dibantu oleh pemerintah, harus bisa terus menjalankan bisnis usahanya. Menurut Syah Irwan dalam pengembangan usaha kube jasa E-Warong yang telah memiliki mesin EDC, untuk bisa melayani pembayaran rekening listrik, telepon, rekening air dan rekening lainnya.

“Kepada kube jasa E-Warong juga harus bisa menampung produk-produk UKM dari masyarakat sekitar untuk dipasarkan, baik secara langsung dan online melalui media sosial. Ke depan Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi akan membuat website yang bisa menampung produk produk UKM dari masyarakat sekitar untuk dipasarkan melalui media online,” jelasnya.

Untuk mendukung pengembangan kube jasa E-Warong pihak Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi juga akan memberikan bantuan mesin barkot dan perlengkapan komputer seperti yang ada di toko waralaba. “Kita berharap peserta pelatihan bisa mengikuti kegiatan dan mendengarkan apa yang dipaparkan oleh narasumber,” jelasnya. (medansatu.com/iyan)

Loading...
loading...
Loading...
Loading...